Dengan Pelayanan Kesehatan Digital, Layanan RS Lebih Optimal

Dengan Pelayanan Kesehatan Digital, Layanan RS Lebih Optimal

Pelayanan kesehatan yang kurang optimal dapat menjadikan citra rumah sakit kurang baik di masyarakat, yang dapat berujung pada penurunan potensi pendapatan. Hal tersebut dapat terjadi karena proses administrasi yang lama dan juga menyulitkan pasien.

Belum lagi masalah pelayanan kesehatan lainnya seperti penanganan pasien yang buruk dan masa tunggu yang panjang untuk konsultasi dokter, tentunya kualitas pelayanan kesehatan yang Anda hadirkan akan dipandang buruk, sehingga rumah sakit yang Anda kelola tidak menjadi pilihan utama bagi pasien. 

Untungnya, saat ini sudah banyak teknologi digital berupa aplikasi pelayanan kesehatan yang bisa diadopsi oleh rumah sakit. Salah satunya adalah Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS), yang seharusnya sudah diadopsi oleh rumah sakit dalam rangka memenuhi amanat yang tercantum pada Permenkes No. 82 Tahun 2013 tentang SIMRS. 

Pada peraturan tersebut menyebutkan bahwa keberadaan SIMRS merupakan salah satu syarat yang harus dimiliki rumah sakit agar dapat memberikan pelayanan kesehatan digital yang lebih berkualitas.

Ada pula kehadiran telemedis, solusi lainnya yang dapat dimanfaatkan bisnis pelayanan kesehatan untuk menghadirkan layanan konsultasi jarak jauh bagi pasien. Integrasi keduanya adalah angin segar yang mampu membawa dampak positif bagi rumah sakit dan juga klinik.

Untuk itu, informasi mengenai cara memanfaatkan pelayanan kesehatan digital dengan lebih optimal ini penting untuk Anda ketahui. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan dan efisiensi kinerja antar departemen di rumah sakit yang dikelola. Berikut penjelasan selengkapnya!

Mengapa Pelayanan Kesehatan Digital Dibutuhkan?

Salah satu permasalahan yang dihadapi di rumah sakit adalah bagian administrasi yang masih mengurus pendataan pasien, arsip, pendaftaran, hingga penebusan obat secara manual. Hal ini mungkin karena belum maksimalnya pemanfaatan teknologi pelayanan rumah sakit di Indonesia, khususnya daerah terpencil.

Pengumpulan dan pengelolaan informasi secara manual tidak lagi disarankan, karena prosesnya membutuhkan waktu yang lebih lama dan bisa risiko kebocoran data juga lebih. Untuk mempermudah pekerjaan pada unit administrasi ini dibutuhkan sebuah sistem manajemen yang berbasis web, yaitu aplikasi SIMRS.

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) sangat berguna untuk mengelola semua data rumah sakit yang begitu banyak dengan efektif dan efisien.

Sementara itu, telemedis adalah solusi bagi pasien yang membutuhkan solusi cepat untuk mengatasi kendala kesehatan ringan yang tidak memerlukan konsultasi langsung di rumah sakit.

Dengan akses untuk mobilitas yang semakin terbatas dan kekhawatiran penyebaran penyakit yang begitu cepat selama pandemi Covid-19, aplikasi SIMRS dan juga telemedis menjadi solusi yang tepat untuk melengkapi transformasi digital bagi rumah sakit dan juga klinik.

Penerapan Pelayanan Kesehatan Digital di Rumah Sakit

Saat ini, pelayanan kesehatan yang ada di rumah sakit dapat kita gunakan dengan bantuan perangkat lunak kesehatan digital yang bisa di akses siapapun. Penerapan digitalisasi pada industri kesehatan akan mempermudah pelayanan kesehatan bagi pasien. Tentunya juga menguntungkan bagi tenaga kesehatan.

Selain itu, dari segi peralatan kesehatan juga tidak ketinggalan canggih. Tenaga kesehatan akan dipermudah dalam mendiagnosa penyakit, dengan hasil yang akurat dan pemberian tindakan yang lebih cepat.   

Bahkan menurut Budi Gunadi, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, menuturkan bahwa pengembangan fasilitas pelayanan kesehatan digital kepada pasien tidak hanya bermanfaat untuk kemudahan akses pelayanan kesehatan. Hal ini dapat pula meningkatkan kualitas SDM rumah sakit termasuk tenaga kesehatan, manajemen yang baik dan mengurangi finansial untuk biaya layanan kesehatan.

Solusi Pelayanan Kesehatan Digital dari Aviat

Saat ini, Aviat juga telah memiliki solusi lengkap untuk membantu Anda dalam menghadirkan teknologi yang tepat untuk mendukung pelayanan kesehatan digital. Dengan tim profesional yang telah mendesain solusi berbasis teknologi untuk rumah sakit dan klinik, Anda dapat menggunakan layanan siap pakai yang kami miliki, yaitu:

  • Aplikasi SIMRS, untuk mempermudah integrasi informasi antar departemen agar proses manajerial rumah sakit menjadi lebih efektif dan efisien.

  • Aplikasi SAMRS, merupakan aplikasi untuk memudahkan Anda dalam mengelola aset fisik rumah sakit secara real time.

  • Aplikasi SIREM, untuk membantu pengelolaan rekam medis digital (e-medical records) agar lebih mudah dicari ketika sewaktu-waktu dibutuhkan.

  • Aviat telemedis, yang dapat Anda manfaatkan untuk menghadirkan layanan konsultasi jarak jauh yang dilengkapi fitur lengkap, mulai dari video call, chat, hingga monitoring kualitas pelayanan kesehatan yang dilakukan dokter.

  • AI for healthcare, merupakan layanan berbasis kecerdasan buatan untuk meningkatkan akurasi hasil analisis dari laboratorium radiologi.

Jadi, apapun kebutuhan Anda dalam menghadirkan pelayanan kesehatan digital, Aviat adalah solusinya. Hubungi tim marketing Aviat sekarang juga untuk informasi selengkapnya! (Pradana)

Similar Posts