Daftar Ulang Pasien Karena Data Sulit Ditemukan? Siasati dengan Modul Registrasi!
Jangan anggap remeh, karena masalah seperti data pasien sulit ditemukan dapat berdampak besar bagi bisnis pelayanan kesehatan yang Anda kelola! Apalagi jika data tersebut memuat informasi penting seperti riwayat pengobatan pasien dan juga dokumentasi rekam medis yang sangat dibutuhkan untuk mendukung kualitas pemberian tindakan yang lebih baik, tentunya Anda perlu menjaga sebaik mungkin.
Permasalahannya, data pasien yang sulit ditemukan dapat terjadi kapan saja, khususnya bagi Anda yang masih bertahan dengan cara lama untuk pengelolaan dokumen. Adakah solusi yang lebih baik? Simak informasi berikut ini untuk selengkapnya!
Akibat dari Data Pasien Sulit Ditemukan
Untuk memahami lebih lanjut mengenai solusi yang tepat dalam menyelesaikan masalah data pasien sulit ditemukan, Anda perlu terlebih dahulu mempelajari akibat yang dapat ditimbulkan karena adanya masalah ini pada klinik Anda. Beberapa di antaranya meliputi:
1. Pengalaman pasien yang kurang baik dalam registrasi
Salah satu permasalahan yang dapat timbul akibat data pasien sulit ditemukan adalah durasi registrasi pasien yang lebih lama. Hal ini dapat menyebabkan adanya lonjakan antrean, yang tentunya mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan yang Anda tawarkan.
Dampak buruk dari pengalaman pasien ini juga dapat berpengaruh pada citra klinik Anda di masyarakat, sehingga permasalahan data pasien yang sulit ditemukan perlu ditangani dengan serius.
2. Efisiensi pelayanan kesehatan yang ikut menurun
Tidak hanya registrasi saja yang terkena imbasnya, tetapi efisiensi pelayanan kesehatan yang Anda tawarkan juga ikut terpengaruh. Akibat dari data pasien sulit ditemukan, tim Anda akan direpotkan untuk mencari informasi yang dibutuhkan pada meja registrasi.
Hal ini dapat menyebabkan jumlah pasien yang dilayani menjadi sangat terbatas. Ujung-ujungnya, potensi penghasilan klinik Anda juga akan ikut menurun.
3. Verifikasi pasien menjadi lebih lama
Perlu Anda ketahui, bisnis pelayanan klinik mandiri juga erat hubungannya dengan pihak ketiga seperti BPJS Kesehatan atau juga Jasa Raharja. Masalah seperti data pasien sulit ditemukan tentunya dapat mempengaruhi kolaborasi Anda dengan pihak ketiga.
Salah satu permasalahan yang ditimbulkan adalah verifikasi pasien yang lebih lama. Hal ini dapat menjadikan citra Anda tidak hanya buruk di mata pasien, tetapi juga partner lain yang berhubungan lain dengan bisnis klinik yang Anda jalankan.
Solusi Mengatasi Data Pasien Sulit Ditemukan
Adakah solusi yang tepat untuk mengatasi semua masalah yang disebutkan di atas? Anda tidak perlu khawatir, karena Aviat hadir dengan Sistem Informasi Manajemen Klinik (SIMKlinik) yang kini telah dilengkapi dengan modul registrasi.
Kehadiran modul ini sangat penting untuk menyelesaikan masalah terkait data pasien yang sulit ditemukan. Beberapa manfaat yang akan Anda peroleh dengan menggunakan solusi dari Aviat ini antara lain:
1. Integrasi meja registrasi dengan aplikasi smartphone
Pernahkah Anda membayangkan jika klinik Anda dilengkapi dengan teknologi yang tepat untuk menjadikannya lebih efisien? Dengan adanya modul registrasi dari SIMKlinik Aviat, tentunya hal tersebut lebih mudah dicapai.
Modul registrasi memungkinkan Anda untuk menghubungkan sistem informasi dari Aviat dengan pihak ketiga seperti Mobile JKN dan juga PCare. Hal ini dapat memudahkan calon pasien dalam menentukan jadwal kunjungan menggunakan aplikasi smartphone yang tersedia.
2. Pencatatan rekam medis pasien sepenuhnya dilakukan online
Tidak perlu lagi kertas atau juga tinta printer yang diisi ulang, karena seluruh rekam medis pasien akan tersimpan pada server yang terhubung dengan database miliki BPJS Kesehatan.
Hal ini tentunya sangat memudahkan, karena modul registrasi mendukung proses pendaftaran dan juga verifikasi keanggotaan BPJS Kesehatan. Dengan begitu, klinik mandiri yang Anda kelola dapat menjangkau lebih banyak pasien di sekitarnya.
3. Memudahkan proses transaksi di meja kasir
Modul registrasi dari SIMKlinik Aviat juga dapat membantu kasir klinik Anda dalam menagihkan keseluruhan layanan yang diterima pasien. Nantinya, transaksi akan dikelompokkan secara otomatis berdasarkan pasien, sehingga risiko tagihan tidak tertagih dapat diminimalisir, yang dapat berujung pada potensi pendapatan klinik yang ikut bertambah.
Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat dari penggunaan modul registrasi SIMKlinik Aviat, khususnya dalam mengentaskan masalah data pasien sulit ditemukan. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut? Hubungi tim marketing Aviat sekarang juga untuk informasi selengkapnya! (Pradana)