Bangun Sistem Layanan Kesehatan Bersama AVIAT
Pandemi Covid-19 tidak hanya mendorong terjadinya percepatan transformasi digital pada berbagai sektor, namun juga memberikan pelajaran penting bahwa teknologi digital menjadi aspek yang sangat penting dalam peningkatan kualitas kesehatan Indonesia. Sistem layanan kesehatan digital terbukti mampu menjadi solusi ketika kunjungan rumah sakit membawa risiko besar bagi pasien dan tenaga kesehatan di rumah sakit.
Salah satu contohnya adalah layanan telemedis yang menjadi solusi bagi rumah sakit untuk tetap memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien. Hal ini juga disambut dengan positif oleh masyarakat. Terbukti tingkat penggunaan telemedis mengalami peningkatan pesat sejak pandemi menyebar di Indonesia. Seiring dengan berjalannya waktu, ekspektasi masyarakat terhadap kualitas pelayanan kesehatan akan semakin meningkat. Hal ini tentu harus direspon dengan pengembangan dan implementasi sistem layanan kesehatan yang sudah terbukti mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan.
Untuk membangun sistem layanan kesehatan digital di rumah sakit, dibutuhkan persiapan infrastruktur, SDM, serta platform aplikasi yang saling terintegrasi satu sama lain. AVIAT sebagai penyedia sistem manajemen rumah sakit yang terintegrasi mampu mendukung keseluruhan proses yang ada dalam pelayanan rumah sakit dengan berbagai platform aplikasi yang ditawarkan. Berikut beberapa aplikasi yang dapat membantu rumah sakit menciptakan sistem layanan kesehatan digital.
AVIAT SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit)
Informasi dan data pelayanan rumah sakit merupakan aspek yang sangat penting dalam pelayanan kesehatan. Mulai dari hal yang sederhana seperti data ketersediaan bangsal dan tempat tidur, data kesehatan pasien, data karyawan, hingga berbagai informasi strategis manajemen menjadi acuan dalam mengambil berbagai keputusan medis.
Pengelolaan data yang tidak efektif akan menyebabkan pengambilan keputusan sulit dilakukan dan berdampak pada terciptanya sistem layanan kesehatan yang buruk. AVIAT SIMRS berfungsi sebagai platform sistem informasi yang akan memudahkan pengelolaan keseluruhan data atau informasi rumah sakit secara digital dan terintegrasi. Dengan fungsi tersebut, AVIAT SIMRS menjadi salah satu elemen penting dalam membangun sistem layanan kesehatan digital. Integrasi informasi layanan di sistem penyimpanan terpusat memungkinkan proses koordinasi, pengelolaan data, pencarian informasi, hingga efisiensi pekerjaan administrasi dapat terwujud. AVIAT SIMRS mendukung rangkaian pelayanan pada semua fungsi dan departemen rumah sakit.
AVIAT SIREM (Sistem Informasi Rekam Medis)
Rekam medis menjadi semacam “harta karun” berupa informasi kesehatan pasien yang sangat penting dalam membantu para tenaga medis melakukan diagnosis, keputusan perawatan dan pengobatan. Rekam medis berisi tentang berbagai informasi tentang riwayat kesehatan pasien mulai dari penyakit bawaan, hasil lab, alergi dan sebagainya. Itulah sebabnya, rekam medis memiliki kedudukan penting dalam proses pemeriksaan.
Melihat fungsi tersebut, pengelolaan rekam medis di dalam rumah sakit dapat diselenggarakan dengan baik. Hal ini akan mendorong peningkatan kualitas dan layanan rumah sakit. AVIAT SIREM menjadi platform aplikasi yang akan membantu pengelolaan rekam medis rumah sakit secara digital dan terintegrasi demi membangun sistem layanan kesehatan yang berkualitas. AVIAT SIREM memungkinkan rekam medis dapat diakses dengan praktis dan cepat, memudahkan pengelolaan data rekam medis pasien, menciptakan kemudahan koordinasi antar departemen, hingga meningkatkan keamanan data pasien.
AVIAT Telemedis
AVIAT Telemedis memungkinkan rumah sakit untuk menyediakan layanan kesehatan secara digital bagi masyarakat. Dengan semakin meningkatnya minat masyarakat terhadap layanan kesehatan digital, AVIAT Telemedis dapat menjadi solusi bagi rumah sakit untuk memenuhi antusiasme yang tinggi tersebut.
Terciptanya sistem layanan kesehatan digital melalui penerapan AVIAT Telemedis dapat memberikan berbagai manfaat baik bagi rumah sakit maupun pasien. Beberapa manfaat yang dapat dirasakan seperti kemudian pendaftaran pemeriksaan secara online, layanan telekonsultasi, broadcast informasi layanan kesehatan kepada pasien di website perusahaan, metode pembayaran yang beragam, hingga sistem feedback dari pasien tentang pelayanan rumah sakit serta dokter.
AVIAT AI for Health
AVIAT AI for Health menjadi solusi terbaik untuk membantu diagnosis radiologi. Dengan dukungan teknologi terbaru yang sudah banyak digunakan di beberapa negara maju serta diakui secara internasional, AVIAT AI for Health dapat mendukung terciptanya sistem layanan kesehatan yang berkualitas. Tidak hanya mampu meningkatkan akurasi pada analisis radiologi, AVIAT AI for Heath juga dapat menjadi solusi untuk menciptakan efektivitas biaya, penyediaan laporan yang lengkap dan menyeluruh, serta optimalisasi alur kerja dan organisasi.
Lalu bagaimana tahapan untuk membangun sistem layanan kesehatan bersama AVIAT? Anda dapat memulainya dengan berdiskusi dengan tim marketing AVIAT. Selain dapat membantu mengetahui lebih mendalam kebutuhan prioritas pada sistem rumah sakit Anda, tim AVIAT juga siap menjelaskan berbagai fitur yang ada di dalam setiap aplikasinya. Hubungi segera tim marketing AVIAT untuk memulai pengembangan sistem layanan kesehatan di rumah sakit Anda! (Septiani)