Optimalkan Manajemen Staf Faskes di Loket Pendaftaran dengan AVIAT KIOSKA
Penumpukan antrean di loket pendaftaran layanan fasilitas kesehatan (faskes) merupakan sebuah masalah yang harus segera diselesaikan. Meskipun umum terjadi, nyatanya penumpukan antrean menjadi salah satu alasan utama ketidakpuasan pasien terhadap layanan faskes. Dalam sebuah studi yang dilakukan Vitals, 84% pasien mengungkapkan bahwa waktu tunggu layanan faskes menentukan tingkat kepuasan mereka. Itulah sebabnya sebabnya implementasi alat antrean rumah sakit seperti AVIAT KIOSKA penting dalam menciptakan efisiensi layanan di loket pendaftaran.
AVIAT KIOSKA telah dilengkapi dengan Fitur Self Registration, memungkinkan pasien dapat melakukan registrasi secara mandiri di mesin KIOSKA tanpa menunggu antrean loket tradisional. Ini tidak hanya memberikan pengalaman baru yang modern, namun juga mempercepat pasien dalam mendapatkan layanan kesehatan yang dibutuhkan. Namun, efisiensi layanan bukanlah satu-satunya manfaat yang didapat dari penerapan teknologi ini. Alat antrean dari AVIAT juga dapat membantu mewujudkan efisiensi manajemen staf di faskes Anda.
Dampak Antrean Layanan Terhadap Manajemen Sumber Daya Faskes
Antrean layanan yang terlalu panjang mengakibatkan peningkatan waktu tunggu bagi pasien sebelum mendapatkan perawatan atau pelayanan kesehatan. Ini dapat mengakibatkan penundaan dalam pemeriksaan medis, perawatan, atau konsultasi dengan tenaga medis yang dibutuhkan. Tidak hanya itu, penumpukan antrean juga berdampak negatif pada efisiensi manajemen layanan secara keseluruhan.
Ketika faskes tidak menyediakan alat antrean seperti AVIAT KIOSKA, proses registrasi dilakukan secara manual di loket pendaftaran. Jika berkaca pada kondisi dari berbagai faskes saat ini, sistem layanan registrasi yang seperti ini kerap menimbulkan penumpukan antrean. Jumlah pasien yang meningkat, serta lambatnya administrasi data registrasi pasien menjadi penyebab lamanya waktu tunggu layanan di loket pendaftaran. Membiarkan kondisi ini terjadi tentu bukanlah pilihan bijak, mengingat antrean layanan yang terlalu panjang menciptakan pengalaman berobat yang tidak menyenangkan.
Menambah jumlah staf di loket pendaftaran seringkali dipilih sebagai solusi dalam mengatasi masalah penumpukan antrean pasien di loket pendaftaran. Dengan semakin banyak jumlah loket yang melayani, antrean pasien diharapkan dapat terurai. Namun, ketika ada lebih banyak staf yang ditempatkan di loket pendaftaran, sumber daya yang tersedia untuk memberikan pelayanan medis kepada pasien akan berkurang. Padahal, ketersediaan SDM yang cukup dalam merawat pasien dibutuhkan untuk menciptakan layanan kesehatan yang berkualitas.
AVIAT KIOSKA Sebagai Solusi Efisien Atasi Antrean Layanan di Loket Pendaftaran
Ketika menggunakan AVIAT KIOSKA, pasien dapat melakukan registrasi secara mandiri. Ini secara otomatis akan memecah antrean di loket tradisional, dan mengurangi kebutuhan staf untuk melayani loket pendaftaran. Pasien dapat mendaftar secara mandiri di mesin KIOSKA tanpa berhadapan dengan staf faskes. Langkah ini tidak hanya memecah antrean di loket tradisional tetapi juga mengurangi kebutuhan akan staf untuk melayani proses pendaftaran.
Alat antrean dari AVIAT juga dapat terintegrasi dengan sistem AVIAT SIMRS yang terhubung dengan V-Claim BPJS. Integrasi data tersebut memungkinkan faskes Anda dapat menerbitkan surat eligibilitas pasien (SEP) secara cepat dan praktis. Otomatisasi proses ini tidak hanya memudahkan pasien dalam mendapatkan SEP, tetapi juga memperingan beban kerja staf faskes sehingga meminimalisir jumlah staf yang dibutuhkan dalam penerbitan SEP pasien.
Melalui integrasi AVIAT KIOSKA, semakin banyak pasien yang terbiasa dengan sistem ini, semakin sedikit kebutuhan akan layanan manual dari staf. Hal ini berarti terjadi peningkatan efisiensi dalam pengelolaan staf, yang pada gilirannya akan menurunkan biaya operasional fasilitas kesehatan. Dengan mengurangi pekerjaan rutin seperti proses pendaftaran, staf dapat difokuskan pada tugas-tugas yang memerlukan kehadiran manusia, seperti memberikan perawatan yang lebih personal kepada pasien.
Penerapan AVIAT KIOSKA bukan hanya menguntungkan dalam hal efisiensi operasional, tetapi juga membawa dampak positif bagi pasien. Proses pendaftaran yang lebih cepat dan efisien membuat pasien merasa lebih nyaman dan mengurangi waktu tunggu mereka di fasilitas kesehatan. Ini meningkatkan pengalaman pasien secara keseluruhan, memberikan kesempatan bagi staf medis untuk lebih fokus pada aspek-aspek perawatan yang lebih penting.
Dengan AVIAT KIOSKA, faskes dapat mencapai efisiensi optimal dalam mengatasi antrean layanan di loket pendaftaran. Fitur self registration tidak hanya memotong waktu tunggu pasien, tetapi juga mengintegrasikan data dengan AVIAT SIMRS untuk mempercepat penerbitan SEP BPJS. Dengan mengurangi kebutuhan staf untuk layanan manual, AVIAT KIOSKA tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga mengurangi biaya. Berkualitas dan bergaransi, sebagai produk lokal, AVIAT KIOSKA memberikan fleksibilitas dan layanan purna jual yang siap membantu, menjadikannya solusi unggul dalam mewujudkan pendaftaran mandiri di faskes. Hubungi tim marketing AVIAT untuk berdiskusi lebih lanjut! (Septiani)