Modul Patient Management, Solusi Gesit Layanan MCU Karyawan di Era Modern

Modul Patient Management, Solusi Gesit Layanan MCU Karyawan di Era Modern

Dunia kesehatan terus berkembang mengikuti perubahan zaman. Kini, pasien tidak lagi hanya mencari layanan kesehatan berkualitas tinggi, tetapi juga menginginkan layanan yang cepat dan mudah proses aksesnya. Berbagai inovasi teknologi kesehatan digital telah mampu memenuhi harapan tersebut. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) merupakan salah satu teknologi kesehatan yang dapat meningkatkan efisiensi layanan dan administrasi fasilitas kesehatan (faskes). Terlebih, kini fitur-fitur pada SIMRS sudah semakin lengkap, mulai dari Modul Patient Management, Billing Patient, Inventory, Accounting, Human Resource, hingga Pharmacy.

Antrean yang mengular memang sudah menjadi hal yang umum di rumah sakit atau faskes lainnya. Namun, bukan berarti pasien menikmati waktu menunggu nomor antrean mereka dipanggil. Mereka pasti tetap mengharapkan adanya layanan kesehatan yang cepat tanpa mengurangi kualitas layanan, termasuk dalam hal ini perusahaan yang mengadakan medical check up (MCU) untuk karyawan atau calon karyawan. Manajemen perusahaan pasti mengharapkan hasil MCU bisa cepat diketahui, sehingga mereka dapat menindaklanjutinya dengan segera.

Penyebab Lambatnya Layanan MCU Karyawan

Permintaan layanan MCU karyawan dari perusahaan seringkali melibatkan banyak peserta. Ada yang mendaftarkan MCU untuk puluhan karyawan, ratusan atau bahkan ribuan. Ketika dihadapkan dengan jumlah peserta karyawan yang banyak, beban kerja yang ditimbulkan juga besar dan menuntut waktu pengerjaan yang lama. Hal ini meliputi proses pemeriksaan, analisis dan evaluasi hasil, serta pencatatan data untuk laporan kepada perusahaan terkait.

Melihat kondisi saat ini, masih ada faskes yang memproses data MCU karyawan ini secara manual. Tenaga kesehatan harus menginput semua data karyawan dan hasil pemeriksaan satu per satu tanpa dukungan teknologi yang memungkinkan otomatisasi proses administrasi seperti Modul Patient Management. Proses pengerjaan laporan hasil MCU karyawan dapat bertambah lama ketika dihadapkan dengan keterbatasan kapasitas staf faskes, baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

Lamanya waktu yang diperlukan faskes untuk menyelesaikan laporan MCU karyawan tentu dapat menyebabkan ketidakpuasan dari sisi perusahaan. Meskipun layanan MCU memang membutuhkan beberapa tahapan proses yang cukup panjang, bukan berarti perusahaan mau menunggu dalam waktu yang lama. Kemampuan faskes untuk bisa menyelesaikan laporan hasil MCU karyawan dengan cepat dapat menjadi penilaian positif bagi pihak perusahaan.

Modul Patient Management Sebagai Solusi Efisien Layanan MCU Karyawan

Era modern telah melahirkan berbagai inovasi teknologi yang mampu mewujudkan efisiensi layanan faskes, termasuk dalam menangani layanan MCU karyawan. Modul Patient Management pada AVIAT SIMRS contohnya. Modul ini memungkinkan impor data karyawan dari file excel yang telah disediakan oleh perusahaan. Dengan adanya fitur ini, staf faskes tidak harus mencatat data setiap peserta MCU secara manual yang menghabiskan banyak waktu. Staf faskes hanya perlu melakukan impor data yang telah tersedia dalam satu klik, dan semua informasi karyawan dapat tercatat secara otomatis.

Fitur impor data pada Modul Patient Management tidak hanya menawarkan kecepatan proses, namun juga meminimalisir potensi kesalahan input data yang disebabkan oleh human error. Dihadapkan dengan ratusan atau bahkan ribuan data tentu membutuhkan fokus dan ketelitian yang tinggi. Ketika dikejar dengan waktu, kesalahan pencatatan data bisa saja terjadi. Risiko tersebut bisa diminimalisir dengan otomatisasi administrasi melalui fitur impor data.

Bagi staf faskes, fitur dan kelebihan Modul Patient Management secara efektif dapat meringankan beban pekerjaan administrasi mereka. Selain dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih cepat dan menghemat tenaga mereka. Dengan begitu, staf faskes dapat lebih fokus untuk memberikan perawatan kepada pasien, atau tugas dan tanggungjawab penting lainnya yang berdampak pada peningkatan kualitas layanan faskes. Dengan berbagai keunggulannya tersebut, Modul Patient Management pada AVIAT SIMRS dapat mewujudkan layanan MCU di faskes Anda bisa menjadi lebih efisien dan presisi, serta membuka jalan untuk layanan kesehatan yang profesional dan kompetitif.

Modul Patient Management pada AVIAT SIMRS bukan hanya alat untuk meningkatkan efisiensi administrasi, tetapi juga membebaskan staf faskes dari tugas-tugas yang menghabiskan banyak waktu, memungkinkan mereka fokus pada pelayanan pasien dan aspek-aspek penting lainnya. Dengan demikian, AVIAT SIMRS tidak hanya menciptakan layanan MCU yang lebih efisien dan presisi, tetapi juga membantu mewujudkan standar pelayanan kesehatan yang profesional dan bersaing di era modern ini. Hubungi tim marketing AVIAT untuk mulai merencanakan transformasi faskes Anda! (Septiani)

Similar Posts