Atasi Antrean Pasien BPJS dengan Fitur Appointment AVIAT
Antrean pasien BPJS yang panjang bukan lagi hal baru. Kondisi ini seperti sudah menjadi hal yang biasa terjadi dan dialami oleh para peserta BPJS. Benahi fasilitas pendaftaran pasien BPJS dengan fitur appointment AVIAT.
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sudah mulai beroperasi sejak 1 Januari 2014. Badan hukum ini dibentuk pemerintah untuk menyelenggarakan program jaminan, berupa perlindungan kesehatan dan pemenuhan kebutuhan kesehatan dasar untuk seluruh peserta yang telah membayar iuran atau yang iurannya ditanggung oleh pemerintah.
Sebagai satu-satunya jaminan kesehatan resmi yang dimiliki pemerintah, seluruh penduduk Indonesia wajib menjadi peserta jaminan kesehatan BPJS. Namun sayangnya, di beberapa fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) banyaknya peserta BPJS tidak diimbangi dengan sistem pendaftaran yang memadai sehingga antrean pasien sangat panjang.
Bahkan keluhan yang datang akibat panjangnya antrean pasien BPJS telah banyak disampaikan oleh para peserta BPJS. Masalah tersebut pun telah menjadi perhatian Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin. Beliau menekankan agar dilakukan pembenahan pada sistem pelayanan antrean di rumah sakit agar masyarakat lebih nyaman dan tidak perlu terlalu lama mengantre.
Beberapa Penyebab Penumpukan Antrean Pasien BPJS
Panjangnya antrean umumnya disebabkan oleh penumpukan pasien di meja registrasi. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:
- Sistem pendaftaran belum memadai
Salah satu hal yang dapat menyebabkan antrean pasien BPJS mengular adalah karena fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) belum memiliki sistem pendaftaran yang memadai. Di beberapa daerah terpencil misalnya, mungkin masih ada yang menggunakan cara pendaftaran manual sehingga banyak dokumen pasien yang menumpuk di meja pendaftaran.
Sementara itu, ada juga fasyankes yang telah memiliki mekanisme pendaftaran online tetapi sistem yang digunakan sering terjadi gangguan atau kurangnya edukasi pada petugas kesehatan, sehingga kehadiran sistem tidak dapat mengatasi antrean pasien yang panjang, termasuk antrean pasien BPJS. Sebagai garda terdepan, proses registrasi pasien perlu dilengkapi dengan sistem yang memadai.
- Gangguan listrik
Demi memudahkan dan mempercepat proses pendaftaran pasien tentu dibutuhkan sistem dan teknologi yang mendukung. Namun, keberadaan seluruh perangkat tersebut membutuhkan daya listrik yang stabil sebab tidak jarang gangguan pada aliran listrik dapat menyebabkan sistem mati dan mengakibatkan pendaftaran pasien terhenti.
- Kendala pada mesin nomor antrean
Sistem eror merupakan masalah yang cukup umum terjadi, masalah ini bisa datang pada bagian apa saja, termasuk mesin nomor antrean. Akibatnya, panggilan untuk nomor antrean pasien bisa tersendat. Kendati demikian, pihak rumah sakit dapat menyiasati hal tersebut dengan mencari vendor sistem yang terpercaya sehingga kendala pada sistem dapat diminimalisir.
- Kurangnya prosedur kerja untuk pelayanan pasien
Keterlambatan dalam proses registrasi pasien juga dapat terjadi karena kinerja petugas pendaftaran yang lambat. Ada beberapa kemungkinan yang bisa membuat hal ini terjadi, seperti kurangnya arahan atau Standar Prosedur Operasional (SPO) yang diberikan kepada petugas kesehatan dan penggunaan sistem baru yang tidak dilengkapi dengan modul pelatihan yang memadai.
Selesaikan Masalah Antrean Pasien BPJS dengan Fitur Appointment AVIAT
Setiap rumah sakit tentu ingin memberikan pelayanan terbaik, baik untuk pasien mandiri maupun yang menggunakan asuransi BPJS. Oleh karena itu, untuk mengatasi berbagai permasalahan di atas, Anda dapat menghadirkan fitur appointment AVIAT untuk mengatasi antrean pasien BPJS yang mengular.
Fitur tersebut merupakan bagian dari Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) yang dibuat oleh AVIAT untuk menghubungkan keseluruhan proses manajemen rumah sakit. Mulai dari proses pendaftaran pasien, konsultasi dokter, pemeriksaan laboratorium, rekam medis, farmasi, hingga kasir tentu akan lebih mudah dijalankan dengan sistem ini.
Tidak hanya itu, SIMRS AVIAT juga dilengkapi dengan aplikasi demo yang dapat memudahkan proses pembelajaran dan adaptasi para petugas kesehatan. Dengan demikian petugas akan lebih siap ketika menggunakan sistem sehingga proses pendaftaran pasien menjadi lebih cepat.
Ingin mengatasi antrean pasien BPJS yang mengular? Temukan solusi lengkapnya dengan menerapkan fitur appointment AVIAT. Segera hubungi tim marketing AVIAT untuk mendapatkan penawaran terbaik dan informasi selengkapnya! (Sherlyana)