Saatnya Fokus Optimalkan Teknologi Kesehatan Digital di RS

Saatnya Fokus Optimalkan Teknologi Kesehatan Digital di RS

Peran teknologi kesehatan digital semakin besar pada era disrupsi seperti saat ini. Sudahkan Anda melengkapi RS yang dikelola dengan sistem yang tepat?

Apalagi negara adidaya seperti Amerika Serikat bersama 180 anggota negara lainnya telah menyetujui Sustainable Development Goals (SDGs) yang isinya memuat upaya dari semua negara untuk menghadirkan kualitas kesehatan yang lebih baik semua kelas sosio ekonomi dengan menggunakan teknologi sebagai poros utama pelayanan kesehatan pada tahun 2015 sampai 2030.

Untuk itu, sudah saatnya RS yang Anda kelola pun mulai fokus pada implementasi teknonogi kesehatan digital agar kualitas pelayanan yang lebih optimal dan menjangkau semua kalangan dapat diwujudkan.

Bagaimana cara untuk memulainya? Berikut adalah informasi selengkapnya!

Tren Penggunaan Teknologi Kesehatan Digital di Indonesia

Melalui salah satu rilisan artikel yang diunggah oleh Kemenkes RI pada Agustus 2022 yang lalu, Chief Digital Transformation Officer dari Kementerian Kesehatan, Setiaji ST, menyebutkan bahwa digitalisasi dan implementasi teknologi kesehatan digital sangatlah penting untuk mempermudah akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Tren penggunaan teknologi kesehatan digital pun semakin meluas di Indonesia. Tidak lagi hanya berfokus pada menambah jumlah layanan, kini rumah sakit sakit sudah mulai berfokus pada pemenuhan kebutuhan pasien.

Tidak hanya itu, tren teknologi kesehatan digital pun sudah mulai diimplementasikan oleh industri terkait, seperti industri farmasi, asuransi dan juga supply chain. Dengan begitu, integrasi end-to-end dari hulu ke hilir pun dapat tercapai.

Permasalahannya, apakah sudah semua RS memiliki sistem yang didukung teknologi kesehatan digital yang tepat? Tentunya belum, mengingat jumlah RS di Indonesia sangatlah banyak.

Kesulitan Implementasi Teknologi Kesehatan Digital di RS

Setidaknya ada tiga kendala utama yang dihadapi RS yang akan memulai proses transformasi digital dan juga menggunakan teknologi kesehatan digital, antara lain:

1. Belum memiliki partner untuk konsultasi transformasi digital

Transformasi digital yang optimal haruslah dimulai dari perencanaan yang matang. Masalahnya, tidak semua RS sudah menemukan partner yang mampu membantu proses tersebut.

Padahal konsultasi pra-implementasi teknologi kesehatan digital sangat dibutuhkan untuk memastikan agar teknologi yang digunakan benar-benar dapat membantu peningkatan efisiensi dan efektivitas layanan.

2. Kurangnya SDM bidang teknologi pada setiap RS

Kehadiran tim IT dengan kualifikasi yang tepat cukup dibutuhkan agar teknologi kesehatan digital yang akan digunakan berjalan dengan optimal.

Permasalahannya, tidak semua RS memiliki anggaran atau juga mengerti kualifikasi yang tepat untuk memulainya. Jika dipaksakan, hal yang terjadi berikutnya adalah sistem yang tersendat dan malah membuat seluruh departemen RS kerepotan dengan sulitnya penggunaan teknologi.

3. Potensi kebocoran data yang masih tinggi

Data yang disimpan oleh setiap RS memuat informasi sensitif dari setiap pasien. Maka dari itu, masih ada RS yang masih bergantung pada penggunaan dokumen fisik atas dasar keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan teknologi kesehatan digital yang rawan pencurian data.

Ketidaktahuannya ini akhirnya membuat manajemen RS enggan untuk memulai transformasi digital, walaupun mengetahui bahwa hal tersebut dapat membuat RS yang dikelola tertinggal dibandingkan kompetitor lainnya.

Solusi Teknologi Kesehatan Digital yang Tepat untuk Anda

Dengan adanya beberapa kendala di atas, mungkin Anda jadi berpikir dua kali untuk memulai implementasi teknologi kesehatan digital pada RS yang dikelola.

Tentunya ini hal yang wajar, karena kekhawatiran akan muncul jika Anda belum menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah partnership, SDM dengan pengetahuan tentang teknologi kesehatan dan juga privasi data.

Untuk itu, sudah saatnya Anda berkenalan dengan solusi dari Aviat!

Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam mengembangkan teknologi kesehatan digital bagi RS dan klinik di Indonesia, Aviat memiliki beragam solusi untuk menyelesaikan masalah Anda.

Aviat dapat menjadi partner Anda untuk memulai transformasi digital pada RS yang dikelola, apalagi dengan banyaknya klien yang sudah ditangani sebelumnya.

Selain itu, Aviat juga memiliki tim dengan kualifikasi lengkap di bidang teknologi kesehatan digital untuk memastikan agar solusi yang digunakan sudah tepat dan siap pakai.

Keamanan data pun dipastikan lebih baik, karena semua aplikasi Aviat, baik itu Aviat SIMRS, SAMRS, SIREM dan aplikasi lainnya telah dilengkapi teknologi keamanan yang baik.

Jadi, siap jadikan Aviat partner Anda untuk memulai revolusi teknologi kesehatan digital pada RS yang dikelola? Hubungi tim marketing Aviat sekarang juga untuk informasi selengkapnya! (Pradana)

Similar Posts