Tingkatkan Layanan Registrasi Pasien Rumah Sakit bersama AVIAT
Antrean panjang yang ditemui ketika mendaftar di rumah sakit sering membuat pasien bosan dan lelah menunggu. Menerapkan AVIAT SIMRS dapat menjadi solusi untuk meningkatkan layanan registrasi pasien rumah sakit.
Layanan registrasi pasien rumah sakit yang lama sering menjadi sorotan. Kondisi ini membuat banyak pasien mengeluh dan merasa tidak nyaman dengan pelayanan kesehatan yang diberikan. Bahkan, keluhan tersebut juga sudah sering kali disampaikan melalui Ombudsman Republik Indonesia (RI).
Berdasarkan laporan yang ada, Ombudsman RI pun mengimbau agar dilakukan respon cepat dan perbaikan sistem, sehingga kondisi-kondisi kesehatan darurat yang membutuhkan tindakan cepat demi keselamatan jiwa dapat didahulukan. Tidak hanya Ombudsman, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin juga meminta agar masalah yang menimbulkan ketidaknyamanan masyarakat segera dibenahi.
Pembenahan layanan registrasi pasien rumah sakit ini merupakan bentuk transformasi kesehatan yang dapat mempermudah masyarakat mendapatkan layanan kesehatan tanpa antrean yang panjang. Untuk itu perlu dilakukan inovasi di rumah sakit, misalnya dengan menghadirkan sistem pendaftaran online atau digitalisasi sistem.
Masalah Umum yang Muncul di Layanan Registrasi Pasien Rumah Sakit
Setidaknya, ada beberapa masalah yang umumnya muncul ketika proses registrasi pasien berlangsung, seperti penumpukan pasien, kesulitan mencari data pasien, sistem eror, dan lain sebagainya. Masalah-masalah tersebut dapat menyebabkan penanganan pendaftaran pasien menjadi lebih lama.
Tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan pada pasien, masalah di atas juga dapat memberikan dampak bagi rumah sakit. Mulai dari penurunan cash flow perusahaan, hingga menurunnya kepercayaan pasien yang bisa berpengaruh pada kinerja serta akreditasi rumah sakit.
Layanan Registrasi Pasien Rumah Sakit lebih Cepat dengan AVIAT
Untuk menghindari terjadinya dampak yang merugikan, rumah sakit dapat meningkatkan layanan registrasinya dengan menghadirkan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Penerapan sistem ini dapat menghadirkan kemudahan dalam layanan registrasi pasien, antara lain:
- Sistem antrean berbasis online
Salah satu masalah penting yang dikeluhkan pasien adalah panjangnya antrean ketika ingin melakukan registrasi. Untuk mengatasi hal tersebut, AVIAT SIMRS menghadirkan solusi berupa kehadiran aplikasi antrean online yang bisa diakses menggunakan smartphone.
Kehadiran solusi ini tentu dapat mengurangi penumpukan antrean pasien di meja pendaftaran. Tidak hanya menguntungkan pasien, sistem ini juga bisa membantu petugas kesehatan mengelola jadwal pendaftaran pasien tanpa perlu bertatap muka.
- Semua sistem telah terhubung
Kemudahan lain yang dihadirkan AVIAT SIMRS adalah mampu mencakup seluruh proses pelayanan pasien di rumah sakit. Mulai dari pendaftaran pasien, pemeriksaan, tindakan medis, medical record, farmasi, hingga sistem pembayaran telah terhubung di dalam sistem. Dengan demikian layanan registrasi pasien rumah sakit akan lebih cepat dan akurat.
- Sistem mudah dimengerti
AVIAT SIMRS dirancang dengan model sistem yang mudah dimengerti. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi aplikasi demo yang dapat dicoba secara gratis. Melalui aplikasi demo yang tersedia, petugas kesehatan dapat mencoba setiap fitur yang ada, sekaligus memiliki modul apa saja yang hendak digunakan sesuai dengan kebutuhan rumah sakit.
- Aplikasi berbasis web browser
Layanan registrasi pasien rumah sakit juga akan lebih mudah ditingkatkan karena AVIAT SIMRS berbasis web browser. Hal ini dapat membantu pengelolaan pendaftaran pasien menjadi lebih mudah dan cepat karena bisa dilakukan di mana saja dengan perangkat apapun, seperti komputer, laptop, atau tablet tanpa harus menginstall aplikasi.
Dengan demikian, rumah sakit hanya perlu menyediakan jaringan internet yang stabil untuk memudahkan akses aplikasi dan membuat pelayanan pasien menjadi lebih cepat. Setelah itu, sistem langsung dapat diakses dan dimanfaatkan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit.
Jadi, apakah Anda tertarik untuk segera meningkatkan layanan registrasi pasien rumah sakit? Temukan berbagai informasi lain mengenai kegunaan dan keunggulan lain dari AVIAT SIMRS dengan menghubungi tim marketing AVIAT! (Sherlyana)