Sinergikan Sistem Booking Pasien Rumah Sakit dan JKN Mobile

Di tengah kemajuan teknologi, memesan kamar rawat inap di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) dapat dilakukan melalui sistem online. Namun sayangnya, ketika sistem booking pasien rumah sakit mengalami gangguan, pasien tetap harus mendaftar manual.

Saat ini, kehadiran berbagai perangkat elektronik seperti, smartphone, laptop, komputer, dan tablet, sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Bahkan data tahun 2022 menunjukkan, Indonesia menduduki posisi keempat sebagai negara dengan pengguna smartphone terbanyak di dunia, yaitu sekitar 192,15 juta pengguna sepanjang tahun.

Maraknya penggunaan smartphone juga menunjukkan adanya perubahan trend teknologi, di mana mayoritas masyarakat saat ini telah akrab dengan Mobile application. Fakta inilah yang membuat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menghadirkan JKN Mobile, untuk memudahkan masyarakat mengakses sistem booking pasien rumah sakit dan memperoleh pelayanan kesehatan.

Berbagai Fitur yang Dihadirkan JKN Mobile

Kehadiran JKN Mobile membuat peserta BPJS dapat langsung mendapat pelayanan kesehatan hanya dengan menyebutkan nama atau menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), karena proses pendaftaran sudah dilakukan melalui aplikasi. Tidak hanya itu, aplikasi yang diluncurkan sejak tahun 2017 ini juga memiliki beberapa fasilitas, antara lain:

  • Pendaftaran layanan antrean, yang dapat pasien gunakan untuk melakukan pendaftaran secara online pada tingkat pertama atau tingkat lanjut.
  • Info lokasi faskes, untuk memberikan informasi mengenai lokasi faskes terdekat yang bisa dijangkau pasien.
  • Riwayat pelayanan, melalui fitur ini pasien dapat melihat riwayat pelayanan kesehatan yang diberikan di faskes.
  • Info peserta, berisi kartu JKN yang mencantumkan kelas perawatan, no BPJS, dan data diri pasien.
  • Konsultasi dokter, fitur ini dapat memudahkan peserta untuk melakukan komunikasi ke dokter di faskes tingkat pertama. 
  • Jadwal tindakan operasi, menampilkan informasi tentang jadwal tindakan operasi yang akan dilakukan peserta.
  • Ketersediaan tempat tidur, pada fitur ini peserta dapat melihat ketersediaan tempat tidur atau ruang rawat inap di beberapa rumah sakit terdekat.

Inilah beberapa fitur yang dapat diakses melalui aplikasi JKN Mobile. Seluruh fitur ini dihadirkan demi memudahkan pelayanan kesehatan dan meningkatkan mutu seluruh fasilitas kesehatan di Indonesia.

Meski telah dilengkapi dengan teknologi yang memadai, tak dapat dipungkiri bahwa aplikasi JKN Mobile juga sering kali melakukan maintenance, sehingga sistem booking pasien pasien rumah sakit harus dilakukan secara langsung atau menggunakan whatsapp customer service fasyankes. Hal ini tentu dapat menyulitkan untuk sebagian pasien.

Cara Mudah Hubungkan JKN Mobile dengan Sistem Booking Pasien Rumah Sakit

Untuk menghubungkan sistem booking pasien rumah sakit dengan JKN Mobile dibutuhkan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) yang memadai. Beruntung saat ini, AVIAT telah menghadirkan SIMRS dengan Application Programming Interface (API) yang dapat menghubungkan aplikasi milik BPJS dengan rumah sakit yang Anda kelola.

Kehadiran AVIAT SIMRS dapat menjadi solusi bagi Anda untuk mempermudah proses bridging dengan berbagai aplikasi lain, seperti JKN Mobile. Selain itu, sistem ini juga telah dilengkapi dengan berbagai modul-modul terbaru yang dapat membuat sistem booking pasien rumah sakit menjadi lebih mudah.

Dengan mengusung aplikasi berbasis web browser, menjadikan AVIAT SIMRS lebih mudah untuk dipelajari dan digunakan. Anda tidak lagi memerlukan software khusus untuk mengakses informasi mengenai peserta BPJS Kesehatan, sebab proses monitoring dapat dilakukan di mana saja dengan berbagai perangkat, seperti komputer, laptop, dan tablet.

Seluruh modul yang tersedia dalam AVIAT SIMRS, mulai dari registrasi pasien, rekam medis elektronik, time attendance, credential, ambulance, farmasi klinis, hingga payroll saling terhubung. Dengan demikian proses bridging JKN Mobile dengan sistem booking pasien rumah sakit akan menjadi semakin mudah dilakukan.

Tertarik untuk melakukan sinergi sistem booking pasien rumah sakit yang Anda kelola dengan JKN Mobile? Hubungi tim marketing AVIAT untuk dapatkan informasi dan penawaran terbaik! (Sherlyana)

Similar Posts