Minimalisir Potensi Duplikasi Data dengan Sistem Bridging SIMRS

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) adalah sistem yang sangat penting dalam pengelolaan rumah sakit modern. SIMRS memungkinkan pengumpulan, pengolahan, dan penyimpanan data pasien dan informasi penting lainnya melalui aplikasi. Dengan menggunakan SIMRS, rumah sakit dapat mengelola data pasien dengan lebih mudah, cepat, dan akurat. Terlebih lagi, dengan penerapan bridging SIMRS yang akan menambah efektivitas dalam bekerja dan memberikan pelayanan.

Salah satu tantangan besar dalam penggunaan SIMRS adalah potensi duplikasi data yang dapat terjadi di antara berbagai sistem dan aplikasi yang terlibat dalam operasi rumah sakit. Duplikasi data dalam SIMRS terjadi ketika data yang sama dimasukkan ke dalam sistem yang berbeda, atau ketika ada perbedaan dalam format data yang dimasukkan. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan sistem bridging SIMRS yang efektif.

Dampak Duplikasi Data Kesehatan

Tanpa bridging system, duplikasi data kesehatan sangat mungkin terjadi. Tidak terhubungnya setiap aplikasi kesehatan yang digunakan rumah sakit memaksa petugas medis harus melakukan input data pasien yang sama secara berulang pada sistem aplikasi yang berbeda. Proses input data yang berulang dan sistem informasi yang tidak saling terhubung ini berpotensi menyebabkan terjadinya duplikasi data. Beberapa data yang sama dapat dimasukkan ke dalam sistem yang berbeda oleh pengguna yang berbeda. 

Duplikasi data dapat menyebabkan beberapa masalah, mulai dari seperti kerumitan dan ketidakakuratan data, serta penggunaan sumber daya yang berlebihan. Berikut contoh dampak duplikasi data kesehatan:

  1. Penumpukan antrean

Tanpa adanya bridging SIMRS, petugas medis terpaksa harus melakukan input data pasien yang sama pada beberapa aplikasi yang berbeda. Hal ini akan membuat proses input data membutuhkan waktu yang lebih lama. Dampaknya, proses pelayanan juga akan menjadi lambat sehingga berpotensi mengakibatkan penumpukan antrean.

  1. Kesalahan input

Tidak adanya bridging SIMRS mengakibatkan terjadinya proses input data yang sama secara berulang pada beberapa sistem informasi. Hal ini dapat meningkatkan potensi kesalahan penginputan data. Terlebih ketika input data dilakukan oleh petugas yang berbeda pada unit yang berbeda. Hal ini dapat mengakibatkan perbedaan informasi antar departemen di rumah sakit yang sama.

  1. Ketidakakuratan data

Duplikasi data yang terjadi karena tidak adanya bridging SIMRS dapat menghasilkan ketidakakuratan data yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan medis dan klinis. Misalnya, jika seorang pasien memiliki rekam medis yang berbeda di departemen yang berbeda di rumah sakit yang sama, dokter tidak memiliki akses ke seluruh riwayat medis pasien. Hal ini  dapat mengganggu diagnosis dan pengobatan yang tepat.

  1. Keterlambatan pengobatan

Duplikasi data dapat memperlambat pengobatan pasien karena dokter perlu memeriksa dan membandingkan data dari beberapa sumber yang berbeda. Dokter harus membuka data satu persatu pada masing-masing aplikasi karena tidak adanya bridging SIMRS. Ini dapat mengakibatkan keterlambatan dalam pengobatan pasien, yang dapat membahayakan nyawa pasien atau memperpanjang waktu pemulihan.

  1. Kerugian finansial

Duplikasi data dapat mengakibatkan pemborosan biaya, misalnya biaya pengambilan, penyimpanan, dan pemrosesan data. Selain itu, jika terjadi duplikasi data medis, pasien dapat menerima pengobatan yang tidak diperlukan atau tidak sesuai dengan kondisi medis mereka, yang dapat mengakibatkan kerugian finansial.

Bagaimana Bridging SIMRS Mampu Meminimalisir Duplikasi Data?

Sistem bridging SIMRS akan menghubungkan berbagai aplikasi dan sistem informasi yang terpisah, sehingga proses penginputan data hanya perlu dilakukan pada satu sistem aplikasi saja. bridging system juga memungkinkan petugas medis untuk mengakses data dan informasi dari berbagai sistem dengan satu antarmuka yang terintegrasi, sehingga memudahkan petugas dalam memastikan informasi yang sama sudah tersedia di sistem.

Dengan adanya bridging SIMRS, risiko kesalahan data karena proses input data berulang pada masing-masing aplikasi juga dapat diminimalisir. Ketika proses input data dilakukan pada satu aplikasi dan kemudian tersinkron secara otomatis, potensi duplikasi data dengan isi informasi yang berbeda akan hilang. 

Selain itu, sistem bridging SIMRS juga memungkinkan pemberian layanan yang lebih efektif dan efisien bagi pasien. Dengan mencegah terjadinya duplikasi data, sistem ini dapat meminimalkan waktu dan sumber daya yang digunakan untuk melakukan proses penginputan serta pencarian informasi, sehingga mempercepat waktu respons serta pengambilan keputusan.

Kabar baiknya, AVIAT SIMRS hadir dengan fitur bridging yang dapat membantu integrasi data dari berbagai sistem dan aplikasi kesehatan, sehingga memudahkan petugas medis dalam melakukan input data dan memastikan informasi yang sama tersedia di sistem. Selain itu, dengan meminimalisir risiko human error melalui sinkronisasi otomatis, AVIAT SIMRS dapat membantu meningkatkan akurasi data dan pelayanan yang lebih baik bagi pasien. Jadi, bagi klinik atau rumah sakit yang menginginkan sistem informasi kesehatan yang terintegrasi dan efisien, AVIAT SIMRS adalah solusinya.

Tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang cara kerja AVIAT SIMRS? Hubungi tim marketing AVIAT untuk informasi selengkapnya! (Septiani)

Similar Posts