Apakah Petugas Rumah Sakit Anda Siap untuk Menggunakan Rekam Medis Elektronik?

Dengan disahkannya Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 24 tahun 2022, seluruh fasilitas pelayanan kesehatan harus sudah menerapkan sistem rekam medis elektronik paling lambat 31 Desember 2023. Hal ini menuntut semua fasilitas kesehatan (faskes) yang masih menyelenggarakan rekam medis dalam bentuk cetak harus segera beralih ke sistem rekam medis elektronik.

Ketika rumah sakit memutuskan untuk mulai beralih sepenuhnya ke sistem rekam medis elektronik, pengelolaan data rekam medis tidak lagi dilakukan dalam bentuk cetak. Arsip rekam medis akan dibuat dalam bentuk digital dan dikelola dengan menggunakan aplikasi rekam medis elektronik seperti AVIAT SIREM. Perubahan ini menuntut petugas rumah sakit untuk mempelajari cara mengelola arsip rekam medis dengan memanfaatkan teknologi digital.

3 Cara Mempercepat Adaptasi Petugas Rumah Sakit

Setiap perubahan pasti akan menimbulkan tantangan, termasuk ketika rumah sakit Anda memutuskan untuk beralih dari rekam medis cetak ke rekam medis digital. Meski petugas rumah sakit telah memiliki pengalaman dan kemampuan dalam mengelola rekam medis cetak, sangat wajar jika perubahan sistem membutuhkan adaptasi dari setiap petugas rumah sakit. Mereka perlu untuk belajar dan membiasakan diri dengan aplikasi rekam medis.

Adaptasi petugas rumah sakit ini menjadi hal yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan digitalisasi rekam medis. Ketika petugas rumah sakit dapat beradaptasi dengan baik, pengelolaan rekam medis elektronik dapat berjalan dengan optimal. Setidaknya ada tiga hal yang dapat diupayakan guna mempercepat proses adaptasi ini, yaitu:

1. Pilih aplikasi dengan desain yang mudah dipahami

Salah satu hambatan terbesar yang dialami petugas rumah sakit ketika pertama kali menggunakan aplikasi rekam medis elektronik adalah pemahaman terhadap fungsi dari masing-masing tools dan letaknya. Terkadang mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan, tetapi menjadi bingung karena tidak paham harus menggunakan tools apa dan letaknya dimana.

Perlu dipahami bahwa setiap platform aplikasi memiliki tampilan yang berbeda-beda. Tampilan aplikasi yang rumit justru akan membuat petugas rumah sakit membutuhkan waktu lebih lama untuk melakukan pekerjaannya. Oleh sebab itu, memilih platform aplikasi rekam medis elektronik yang memiliki desain dan tampilan yang mudah dipahami seperti AVIAT SIREM menjadi hal yang penting untuk membantu adaptasi petugas rumah sakit.

2. Adakan pelatihan maupun pendampingan

Dalam proses adaptasi, petugas rumah sakit pasti berada pada titik dimana mereka tidak tahu bagaimana menggunakan suatu tools di aplikasi rekam medis yang digunakan. Terlebih ketika mereka dipaksa untuk langsung menggunakan aplikasi rekam medis yang asing bagi mereka. Untuk meminimalisir hal tersebut, rumah sakit dapat mengadakan pelatihan atau pendampingan atau memanfaatkan layanan yang disediakan oleh AVIAT untuk membantu  memahami cara kerja aplikasi rekam medis.

Dengan adanya pelatihan ataupun pendampingan, mentor yang telah memiliki kompetensi dalam pengelolaan rekam medis elektronik dapat memberikan pemahaman dan membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi staf rumah sakit Anda ketika mengoperasikan aplikasi rekam medis. Dengan demikian, para petugas dapat mengoperasikan aplikasi dengan lancar tanpa banyak kebingungan.  

3. Pengadaan SDM Khusus di Bidang IT

Penerapan rekam medis elektronik akan melibatkan penggunaan teknologi digital dan sistem jaringan untuk menghubungkan antar perangkat digital di rumah sakit. Itulah sebabnya, pengetahuan tentang cara kerja aplikasi rekam medis elektronik sangat dibutuhkan untuk mempelajari pengelolaan rekam medis secara digital.

Pengadaan SDM khusus di bidang IT dapat menjadi solusi untuk membantu dalam proses adaptasi petugas rumah sakit Anda, khususnya untuk menjelaskan cara kerja aplikasi dan problem solving sederhana jika menemui kendala ketika menggunakan aplikasi. Hal ini tidak hanya membantu staf rumah sakit memahami cara kerja aplikasi, namun juga menghindari terjadinya kepanikan berlebih dan meminimalisir stres ketika bekerja.

Rumah sakit dapat memulai penerapan sistem rekam medis elektronik dengan dukungan berbagai layanan AVIAT yang lengkap. Mulai dari proses alih media arsip rumah sakit menjadi bentuk digital hingga pendampingan proses adaptasi penggunaan aplikasi. Anda dapat segera mendiskusikan rencana digitalisasi tersebut bersama tim manajemen rumah sakit dan menghubungi tim marketing AVIAT untuk informasi selengkapnya! (Septiani)

Similar Posts