AVIAT SIMRS, Solusi Tingkatkan Keamanan Data Pasien

Disrupsi teknologi telah memberi pengaruh besar terhadap wajah layanan kesehatan saat ini. Tuntutan untuk menciptakan layanan yang mudah diakses, praktis, cepat dan nyaman pada akhirnya mendorong setiap fasilitas penyedia layanan kesehatan untuk mengadopsi teknologi digital dalam operasional layanan rumah sakit. Hal ini sejalan dengan semakin banyaknya penyedia layanan kesehatan yang mengimplementasikan teknologi kesehatan digital dalam layanan mereka. Berbagai layanan kesehatan digital juga dapat dengan mudah ditemui, mulai dari layanan telemedis, pemesanan obat online, pendaftaran kunjungan online, dan sebagainya.

 Transformasi digital sektor kesehatan menjadi tantangan bagi seluruh penyedia layanan kesehatan. Bukan hanya dituntut untuk beradaptasi dengan perubahan zaman, jajaran manajemen rumah sakit juga diharuskan untuk mengimplementasikan teknologi yang tepat guna menciptakan layanan yang lebih mudah, efisien, dan memberikan jaminan optimal pada keamanan data medis pasien. Salah satu bentuk implementasi teknologi di lingkungan rumah sakit yang mulai banyak digunakan adalah penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS).

Peran SIMRS Dalam Layanan Rumah Sakit

SIMRS merupakan teknologi informasi komunikasi yang mengintegrasikan data di seluruh proses layanan rumah sakit. Otomatisasi proses administrasi yang terwujud berkat implementasi SIMRS akan menciptakan efisiensi beban kerja staf yang tentu akan berdampak pada layanan yang diberikan kepada pasien. Selain mendukung terciptanya efektivitas dan efisiensi layanan, SIMRS juga didukung oleh sistem keamanan data yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga keamanan data medis pasien.

Fitur keamanan yang dimiliki SIMRS menjadi salah satu unsur penting yang harus dipertimbangkan ketika memilih SIMRS yang akan digunakan rumah sakit. Terlebih lagi, dengan semakin banyaknya kasus kebocoran data kesehatan yang terjadi. Untuk menciptakan optimalisasi pengelolaan data RS dengan tetap menjaga keamanan data pasien, dibutuhkan platform aplikasi SIMRS yang handal. AVIAT SIMRS merupakan salah satu platform aplikasi SIMRS yang didukung oleh sistem keamanan yang kuat.

Mengapa AVIAT SIMRS?

AVIAT SIMRS merupakan sistem informasi yang terintegrasi yang mampu mendukung keseluruhan proses manajemen Rumah Sakit, mulai dari pelayanan diagnosis dan tindakan untuk pasien, medical record, apotek, gudang farmasi, penagihan, database personalia, penggajian karyawan, proses akuntansi, hingga pengendalian oleh manajemen. Memahami bahwa keamanan data juga menjadi isu yang sensitif belakangan ini, AVIAT SIMRS dilengkapi dengan fitur keamanan yang lengkap guna menjamin kerahasiaan data medis pasien. Berikut alasan mengapa AVIAT SIMRS dapat menjadi solusi untuk meningkatkan keamanan data rumah sakit Anda:

1. Dukungan Fitur Pembatasan Akses 

 AVIAT SIMRS dilengkapi dengan sistem pembatasan akses. Fitur ini memungkinkan pihak manajemen untuk mengatur siapa saja yang dapat mengakses data medis pasien. Dengan demikian, arsip akan terlindungi dari akses pihak yang tidak berkepentingan dan tidak memiliki wewenang. Adanya pembatasan akses akan meminimalisir tindakan penyalahgunaan data. Fitur pembatasan akses AVIAT SIMRS tidak hanya memungkinkan manajemen mengatur siapa yang mendapatkan izin akses dan siapa yang tidak. Manajemen juga dapat mengatur batasan kewenangan akses masing-masing staf, sehingga hak akses dokumen dapat dibatasi sesuai dengan kebutuhan. 

2. Berpengalaman

PT Karya Prima Putera Perkasa, perusahaan penyedia layanan AVIAT SIMRS, telah berpengalaman sebagai penyedia teknologi informasi kesehatan sejak tahun 2005. Kini AVIAT telah bekerjasama dengan berbagai fasilitas kesehatan yang tersebar di berbagai wilayah, baik rumah sakit pemerintah, swasta, khusus, maupun klinik. Pengalaman yang panjang juga menjadi bukti kualitas dan solusi yang ditawarkan mampu menjawab tantangan zaman dari waktu ke waktu. Dengan berbekal pengalaman tersebut, AVIAT SIMRS dapat menjadi solusi melalui aplikasi untuk fasilitas pelayanan kesehatan Anda.

3. Sistem Terintegrasi

AVIAT SIMRS mendukung rangkaian pelayanan pada semua fungsi dan unit layanan rumah sakit. Dengan cakupan informasi yang terintegrasi, AVIAT akan memudahkan pengawasan kesesuaian data dan aktivitas akses terhadap data di setiap unit layanan. Ketika terjadi arus data yang janggal atau tidak sesuai, manajemen dapat lebih mudah menyadari hal tersebut dan mengambil tindakan segera untuk mengatasinya.

Fasilitas kesehatan yang berencana untuk menerapkan AVIAT SIMRS dapat memilih level sesuai dengan kebutuhannya. Tersedia tiga tingkatan, yaitu light, standard dan enterprise. Masing-masing memiliki spesifikasi modul yang berbeda, dengan light yang didukung paling sedikit modul dan enterprise yang didukung paling banyak modul. Tim manajemen Anda dapat mendiskusikan lebih lanjut dengan menghubungi tim marketing AVIAT untuk menentukan versi modul mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Kami siap membantu Anda untuk mewujudkan sistem manajemen informasi berbasis digital yang efektif dan aman! (Septiani)

Similar Posts