Tantangan Baru Manajemen Pelayanan Rumah Sakit di Indonesia
Perkembangan teknologi membawa dampak pada meningkatnya harapan masyarakat terhadap kualitas pelayanan rumah sakit. Hal ini menjadi tantangan yang harus dihadapi industri pelayanan kesehatan untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman. Salah satunya adalah dalam bidang manajemen rekam medis, rumah sakit diharapkan untuk mampu beradaptasi dengan kehadiran Electronic Medical Record (EMR).
Sistem rekam medis pasien yang dilakukan secara manual pada lembaran kertas atau dokumen dipandang terlalu ribet dan lambat. Hadirnya EMR memberikan alternatif untuk mengelola rekam medis pasien secara digital. Dengan demikian, pengelolaan data medis pasien dapat dilakukan dengan lebih cepat, mudah dan praktis. Kecepatan pengelolaan dan akses data medis pasien secara otomatis akan berdampak pada meningkatnya kualitas pelayanan rumah sakit.
Penerapan EMR di Indonesia
Bagi industri kesehatan Indonesia, penerapan EMR dalam pelayanan rumah sakit mungkin masih terdengar asing. Electronic Medical Record (EMR) merupakan sebuah sistem aplikasi yang menampilkan informasi rekam medis pasien yang dirangkum dari setiap konsultasi, pemeriksaan, ataupun perawatan yang telah dijalani oleh pasien. Hal ini memungkinkan berbagai detail histori kesehatan pasien mulai dari tes lab, catatan klinis, rujukan dokter, tagihan pengobatan dan berbagai data lainnya dapat diakses dalam satu platform aplikasi secara cepat dan mudah.
Saat ini, EMR sudah menjadi salah satu sistem layanan kesehatan yang banyak digunakan dalam pelayanan rumah sakit di berbagai negara maju. Berdasarkan data yang diperoleh dari survei National Ambulatory Medical Care Survey, selama tahun 2010 hingga 2012 penggunaan EMR mengalami peningkatan hingga 57%. Pada tahun 2013 saja, 72% dokter di Amerika telah menggunakan tablet untuk mengakses EHR.
Meskipun EMR telah dimanfaatkan secara masif dalam pelayanan rumah sakit di berbagai negara, sayangnya di Indonesia penggunaan EMR masih tergolong jarang. Padahal penggunaan EHR dapat meningkatkan kualitas kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia. Dengan dimulainya era industri 4.0 di Indonesia, penerapan EMR menjadi salah satu tantangan besar bagi penyedia layanan kesehatan di Indonesia sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan rumah sakit.
Mengapa Pelayanan Rumah Sakit Perlu Menggunakan EMR?
Dalam dunia medis, informasi yang berkaitan dengan data kesehatan pasien sangat berguna dalam membantu dokter melakukan analisis dan memutuskan treatment yang perlu dilakukan bagi pasien. Dengan menggunakan EMR dalam sistem pelayanan rumah sakit, dokter dapat dengan cepat menemukan berbagai informasi tentang riwayat kesehatan pasien, pengobatan, dan hasil tes yang pernah dilakukan oleh pasien.
Dukungan informasi yang baik tersebut akan membantu dokter dapat mengambil keputusan secara cepat. Deteksi dini serta tindak penanganan secara dini pada banyak kasus dapat menghasilkan angka potensi kesembuhan pasien yang lebih tinggi. Dengan kata lain, kualitas pelayanan rumah sakit meningkat. Efisiensi perawatan yang dihasilkan juga memungkinkan dokter dapat melakukan pemeriksaan pada lebih banyak pasien dalam waktu yang sama.
Dukungan informasi pasien yang diberikan EMR secara lengkap dan terintegrasi juga akan berdampak pada meningkatnya akurasi diagnosis dokter. Kesalahan medis yang mungkin terjadi akibat kurangnya informasi pasien dapat dihindari. Hal tersebut secara otomatis akan berpengaruh pada peningkatan angka kesembuhan pasien. Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, penggunaan EMR dalam sistem pelayanan rumah sakit dapat menumbuhkan citra positif dimata pasien secara khusus, dan masyarakat secara umum.
Dengan berbagai keunggulan dan manfaat yang ditawarkan, penerapan EMR dalam pelayanan rumah sakit menjadi peluang untuk dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia. Namun untuk dapat mencapai itu semua, seluruh elemen harus siap dan mau untuk memulai langkah perubahan dan adaptasi dengan kecepatan komputer dan teknologi. Hal ini menjadi tantangan yang harus dihadapi setiap rumah sakit di Indonesia.
Rumah sakit Anda dapat memanfaatkan AVIAT SIREM sebagai sistem EMR yang telah tersedia di Indonesia. Selain ikut mengambil bagian dalam adaptasi perkembangan era 4.0, rumah sakit juga dapat mengambil banyak manfaat dari penggunaan sistem AVIAT SIREM. Dukungan berbagai fitur dalam aplikasi AVIAT SIREM, akan memudahkan proses manajemen rekam medis dan mempercepat kinerja para petugas saat melayani pasien. Ingin berdiskusi lebih banyak tentang hal ini? Segera hubungi tim marketing AVIAT! (Septiani)