Pemasaran Rumah Sakit dan Promosi Efektif dengan Cara Ini
Dalam industri pelayanan kesehatan, pemasaran rumah sakit atau juga klinik masih sering dilakukan melalui cara yang konvensional, sehingga strategi yang digunakan belum dapat menjangkau pasar yang lebih besar. Padahal strategi pemasaran rumah sakit yang tepat sangatlah dibutuhkan, karena layaknya bisnis pada industri lainnya, rumah sakit juga memerlukan pendapatan yang terus meningkat.
Lalu, adakah cara yang lebih efektif agar pemasaran dapat dilakukan oleh manajemen rumah sakit? Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda perlu mengetahui informasi mengenai pemanfaatan solusi dari Aviat dalam membantu pemasaran rumah sakit. Berikut adalah penjelasan selengkapnya!
Mengenal Modul CRM & Marketing untuk Pemasaran Rumah Sakit
Tahukah Anda, ternyata solusi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dari Aviat tidak hanya dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan kesehatan saja, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk pemasaran rumah sakit. Salah satunya dengan modul Customer Relationship Management (CRM) dan Marketing pada aplikasi SIMRS Aviat.
Perlu Anda ketahui, CRM sendiri merupakan solusi sistem informasi untuk perencanaan, penjadwalan, dan aktivitas lain yang berhubungan dengan penawaran jasa yang dimiliki rumah sakit. Modul ini sendiri telah tersedia pada aplikasi SIMRS Aviat, yang dapat digunakan oleh klien yang memilih paket enterprise. Keberadaannya sangat membantu kegiatan pemasaran rumah sakit, karena dapat digunakan untuk mengelola database pasien dan juga prospek pasien.
Tujuan Penggunaan Modul CRM & Marketing
Tujuan dari penggunaan modul CRM & marketing memang cukup beragam. Akan tetapi, tujuan utamanya adalah untuk mengetahui sebanyak mungkin informasi mengenai kebutuhan dan juga perilaku konsumen (atau dalam hal ini, pasien). Dengan adanya informasi tersebut, nantinya bagian pemasaran rumah sakit dapat menawarkan jenis pelayanan yang Anda miliki dengan lebih optimal.
Selain itu, pemasaran rumah sakit dengan menggunakan modul CRM & marketing dapat ditujukan untuk membangun hubungan yang sebelumnya sudah terjalin bersama pasien. Dengan begitu, pemanfaatan modul ini juga tergantung pula pada seberapa jauh Anda mengetahui tentang pasien dan pelayanan yang dapat memenuhi kebutuhan mereka.
Kelebihan Modul CRM & Marketing untuk Pemasaran Rumah Sakit
Setelah mengetahui pengertian dan juga tujuan dari digunakannya modul CRM & marketing, Anda juga perlu mengetahui kelebihan yang sebenarnya dari modul ini. Adapun kelebihannya terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:
- Memiliki berbagai fitur menarik, seperti layanan membership atau keanggotaan, pengumpulan poin, hingga penukaran poin milik konsumen dengan berbagai imbalan yang dapat membuat mereka lebih dihargai dan kembali menggunakan layanan rumah sakit yang Anda kelola.
- Tingkat akurasi promosi yang lebih tinggi, karena modul CRM & marketing dapat membantu Anda dalam menghadirkan promo yang tepat sasaran. Contohnya, promo khusus bagi pasien yang berkonsultasi pada poli gigi, diskon penebusan obat, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, promo yang Anda berikan benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasien atau konsumen.
- Mengetahui lama keanggotaan member, yang berfungsi untuk mengetahui loyalitas konsumen yang telah terdaftar pada database pasien atau konsumen yang Anda miliki.
- Mengatur promo berdasarkan jumlah poin yang dimiliki, khususnya untuk menarik pasien atau konsumen agar kembali lagi menggunakan pelayanan yang Anda miliki. Contohnya, dengan memberikan pelayanan cek gula darah gratis bagi yang telah mengumpulkan 100 poin, gratis layanan delivery obat resep dengan menukarkan 50 poin, dan sebagainya.
Jadi, mengingat modul CRM & marketing dari SIMRS Aviat sangat berguna bagi pemasaran rumah sakit, kini saatnya Anda memanfaatkannya dengan lebih maksimal. Beralih gunakan SIMRS sekarang juga dan tingkatkan pendapatan rumah sakit Anda bersama Aviat. Hubungi tim marketing Aviat sekarang juga untuk informasi selengkapnya.