Sistem Aset Manajemen Rumah Sakit

Aset Rumah Sakit Tidak Terkelola dengan Baik? Ini Akibatnya!

Aset rumah sakit juga memerlukan manajemen yang baik, karena pengelolaan yang kurang baik dapat menyebabkan penurunan efisiensi dan juga kualitas pelayanan dari rumah sakit yang Anda kelola. Padahal investasi yang dibutuhkan untuk aset rumah sakit tidaklah sedikit, mengingat kebutuhannya memang berhubungan dengan keselamatan manusia.

Oleh karena itu, pengelolaan aset rumah sakit tidak boleh dilakukan sembarangan. Manajemen rumah sakit membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten agar tercipta peningkatan efektivitas dalam penggunaan aset rumah sakit.

Di sisi lain, masih ada pula beberapa rumah sakit atau klinik yang belum memanfaatkan teknologi seperti Sistem Aset Manajemen Rumah Sakit (SAMRS) untuk peningkatan layanan, sehingga berujung pada pengelolaan aset rumah sakit yang salah.

Lantas, apa saja dampak yang ditimbulkan oleh pengelolaan aset rumah sakit yang salah dan manfaat SAMRS dari AVIAT untuk membantunya? Berikut adalah penjelasan selengkapnya!

Dampak Pengelolaan Aset Rumah Sakit yang Salah

Perlu Anda ketahui, pemanfaatan sistem informasi dari SAMRS dapat menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah terkait manajemen aset rumah sakit. Tanpa adanya pemanfaatan teknologi, maka ada beberapa dampak buruk yang mengintai rumah sakit, antara lain:

  • Kesulitan dalam tracking aset rumah sakit yang dimiliki.
  • Data aset tidak saling terintegrasi antar departemen dalam rumah sakit, sehingga pembagian jadwal penggunaan aset menjadi lebih sulit diatur.
  • Data aset rumah sakit tidak tercatat dengan baik, lengkap dan juga up to date.
  • Terjadinya perbedaan dalam pencatatan nama dalam satu aset, karena tidak sesuai dengan nomenklatur peralatan medis yang seharusnya.
  • Pemeliharaan dan pengelolaan aset rumah sakit menjadi lebih sulit.
  • Riwayat pemeliharaan, kalibrasi, mutasi dan juga perbaikan aset tidak dapat terdokumentasi dan diawasi dengan baik, padahal kalibrasi yang baik berpengaruh pada performa peralatan medis.
  • Manajemen Rumah sakit tidak mengetahui jumlah nilai dari investasi aset dengan pasti dan juga perhitungan nilai penyusutan dari aset tersebut.
  • Risiko terjadinya kehilangan aset tanpa dapat terdeteksi oleh manajemen rumah sakit.

Permasalahan yang disebutkan di atas hanya beberapa contoh yang paling umum ditemukan sebagai dampak dari pengelolaan aset rumah sakit yang salah. Masih ada banyak dampak lainnya yang dapat ditimbulkan jika Anda tidak mengintervensi dan melakukan perbaikan terhadap sistem dan juga manajemen aset yang dimiliki. Oleh karena itu, kehadiran SAMRS sangatlah diperlukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dari rumah sakit yang Anda kelola.

Solusi Pengelolaan Aset Rumah Sakit dengan SAMRS

Sistem Aset Manajemen Rumah Sakit (SAMRS) dari AVIAT sebagai solusi untuk mengatasi masalah terkait pengelolaan aset rumah sakit sudah dimanfaatkan oleh banyak penyedia layanan kesehatan di Indonesia. Kehadiran SAMRS dapat memberikan beberapa dampak positif, yaitu:

  • Peningkatan kualitas layanan
  • Peningkatan daya saing rumah sakit
  • Terwujudnya akreditasi rumah sakit (SNARS atau JCI) yang baik
  • Terjaminnya keamanan pasien yang membutuhkan peralatan medis
  • Peningkatan efektivitas aset rumah sakit

Selain itu, pengelolaan aset rumah sakit menggunakan SAMRS dari AVIAT juga dapat menyelesaikan berbagai masalah yang telah dijelaskan sebelumnya. Hal ini dapat terealisasi karena SAMRS dilengkapi dengan 2 jenis modul yang dapat Anda gunakan, yaitu:

  • Modul inventory asset, yang berisi berbagai fitur untuk mengelola aset berupa alat medis dan non-medis dengan fitur seperti pencatatan, penghitungan, pelaporan riwayat kalibrasi dan perawatan aset, upload gambar dan dokumen SOP penggunaan alat, serta fitur lainnya yang berhubungan dengan efisiensi inventory.
  • Modul monitoring kegiatan, merupakan modul yang berfungsi untuk pencatatan, dokumentasi, dan juga pemantauan atas semua kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan aset yang dimiliki, yang dilengkapi dengan fitur seperti modul calibration untuk pelaporan kegiatan kalibrasi, modul inspection & maintenance untuk kegiatan yang berhubungan pekerjaan maintenance dan inspeksi alat medis, modul complain untuk pelaporan kerusakan aset, modul repair yang untuk bagian teknis pemeliharaan setelah masuknya complain, dan juga modul spare part management untuk mencatat stok dan biaya penggantian spare part alat medis dan non-medis.

Ternyata banyak sekali bukan manfaat dari solusi SAMRS dari AVIAT? Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu untuk beralih menggunakannya. Jika Anda masih memiliki pertanyaan dan membutuhkan konsultasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di sini untuk selengkapnya. Bersama AVIAT, mewujudkan pengelolaan aset rumah sakit yang efisien dan efektif menjadi lebih mudah! (Pradana)

Similar Posts