5 Cara Telemedis Memudahkan Administrasi RS dan Membuatnya Lebih Praktis
Administrasi merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam sebuah layanan rumah sakit. Berbagai catatan penting seperti data pasien, ruangan, obat, riwayat medis, ataupun tagihan layanan bagi pasien harus tercatat dengan lengkap, rinci dan rapi. Sayangnya, kebanyakan fasilitas kesehatan masih menjalankan proses administrasi secara manual. Padahal, pencatatan administrasi rumah sakit secara manual membutuhkan waktu yang lebih lama, proses yang lebih melelahkan dan penggunaan kertas yang lebih banyak.
Kehadiran telemedis memudahkan administrasi RS karena setiap pasien yang terdaftar, data-datanya otomatis terekam secara digital. Kelebihan tersebut mampu mempersingkat alur kerja administrasi. Lebih lengkapnya berikut 5 cara telemedis memudahkan administrasi RS!
1. Sistem Pendaftaran Online
Telemedis memudahkan administrasi RS dalam berbagai hal, salah satunya dalam sistem pendaftaran pasien. Dengan teknologi telemedis, pasien dapat melakukan pendaftaran pemeriksaan dan janji temu dengan dokter secara online. Dengan demikian, pasien tidak perlu antre dalam waktu lama seperti saat mendaftar secara langsung di rumah sakit.
Menimbang kondisi saat ini dimana Indonesia masih belum pulih 100% dari pandemi virus corona, sistem pendaftaran online menjadi solusi untuk menghindari kerumunan di rumah sakit. Bukan hanya telemedis memudahkan administrasi RS, melainkan juga berperan penting dalam mengurangi resiko penularan virus terhadap tenaga medis maupun pasien. Selain itu, pendaftaran secara online memberikan fleksibilitas bagi pasien untuk memilih waktu konsultasi yang lebih sesuai dengan agenda mereka.
2. Platform Informasi Kepada Para Pasien Secara Online
Sering terjadi ketika manajemen memiliki informasi penting yang perlu disampaikan kepada pasien. Baik berupa pengembangan layanan, perubahan jadwal dokter, informasi jadwal vaksin, aturan-aturan khusus, dan sebagainya. Telemedis memudahkan administrasi RS dalam menyampaikan berbagai informasi tersebut. Strategi tersebut jauh lebih efektif untuk sampai ke pasien daripada informasi secara konvensional karena dapat tersampaikan langsung secara personal. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga lebih rendah serta lebih mudah.
3. Digitalisasi Catatan Medis Pasien
Dalam suatu rangkaian pemeriksaan pasien, analisa catatan medis pasien sangat penting untuk mendukung diagnosis dan pengambilan keputusan pemeriksaan selanjutnya. Pencatatan riwayat pemeriksaan pasien yang dilakukan secara manual sangat berpotensi mudah hilang dan sulit dicari. Telemedis memudahkan administrasi RS dengan menawarkan digitalisasi riwayat kesehatan.
Catatan pasien secara otomatis disimpan dan mudah diakses kembali secara online. Data dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Bagi tenaga medis, catatan medis pasien bagian penting dalam proses diagnosa, analisa efektifitas pengobatan, serta mempercepat pengambilan keputusan medis pada waktu mendatang. Bukan hanya data berupa dokumen tertulis, telemedis memudahkan administrasi RS selama proses telekonsultasi yang juga sangat penting bagi analisa dokter.
4. Menyederhanakan Alur Kerja Petugas Administrasi
Salah satu permasalahan yang hampir dialami di semua rumah sakit di Indonesia adalah lambatnya proses administrasi. Sering terjadi ketika pasien harus menunggu rincian tagihan keluar hingga beberapa hari sejak pengobatan dinyatakan selesai. Alasannya karena petugas administrasi perlu menunggu laporan dari setiap unit terlebih dulu terkait dengan perawatan yang diberikan pada setiap pasien.
Telemedis memudahkan administrasi RS dengan digitalisasi administrasi. Seluruh perawatan yang diberikan pada pasien secara real time akan terkomputerisasi di dalam sistem sesuai dengan data pasien. Hal tersebut mempercepat kinerja petugas administrasi dalam merekap data pasien dan mengeluarkan tagihan rumah sakit.
Rumah sakit dapat memperoleh berbagai manfaat tersebut saat memanfaatkan aplikasi telemedis, terutama jenis aplikasi yang terpasang pada sistem rumah sakit seperti AVIAT. Berbagai data riwayat kesehatan pasien saat melakukan konsultasi secara online, dapat terhubung secara langsung dengan data administrasi di rumah sakit. Dengan demikian, telemedis memudahkan administrasi RS jika pasien melakukan konsultasi melalui kunjungan langsung.
Tidak hanya sampai di situ, rumah sakit juga dapat memperoleh berbagai manfaat lainnya. Salah satunya adalah kemudahan untuk penilaian layanan tenaga medis melalui fitur rating yang memungkinkan pasien untuk memberikan penilaian. Pihak manajemen RS dapat memanfaatkannya dalam proses evaluasi dan upaya perbaikan layanan rumah sakit pada periode berikutnya. Untuk mendapatkan berbagai manfaat dalam satu platform telemedis, silakan menghubungi tim marketing AVIAT! (Pradana)