5 Alasan Rumah Sakit Harus Terintegrasi dengan SATUSEHAT
Banyak alasan mengapa rumah sakit yang Anda kelola harus terintegrasi dengan SATUSEHAT. Salah satunya karena dapat memudahkan proses pendaftaran pasien.
Memasuki era digital, tentu banyak perubahan dalam sistem di masyarakat, termasuk dalam sistem pelayanan kesehatan. Hal ini terlihat dari dicanangkannya sebuah platform bernama SATUSEHAT oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.
Melalui platform ini, Kemenkes ingin menciptakan sebuah ekosistem pelayanan kesehatan. Dimulai dengan saling terhubungnya sistem sehingga masyarakat tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan akses medis.
Demi mewujudkan transformasi di bidang kesehatan ini, pemerintah pun mengajak berbagai pihak, mulai dari pemilik rumah sakit, manajemen rumah sakit, pemilih apotek, vendor sistem informasi manajemen rumah sakit, kepala puskesmas, hingga pemilik tempat praktik pribadi untuk turut mendukung kehadiran platform tersebut.
Alasan Rumah Sakit Harus Terintegrasi dengan SATUSEHAT
Melalui SATUSEHAT pemerintah ingin membangun sebuah big data kesehatan nasional. Oleh karena itu, mimpi ini tidak akan terwujud tanpa adanya dukungan dari para pelaku industri kesehatan.
Namun, tidak hanya bermanfaat untuk pemerintah, kehadiran platform tersebut juga akan memberikan manfaat bagi rumah sakit. Ini adalah beberapa alasan mengapa rumah sakit harus terintegrasi dengan platform tersebut:
1. Input data mudah
Meski nampak sederhana, proses menginput data pasien merupakan hal yang paling krusial karena menyangkut data pribadi seseorang. Dalam hal ini, petugas kesehatan tidak boleh salah, sebab data yang dimasukkan harus akurat dan sesuai.
Untuk memudahkan proses tersebut, di era digitalisasi ini pemerintah menghadirkan SATUSEHAT. Melalui platform ini, petugas kesehatan tidak perlu lagi menginput data berulang pada aplikasi yang berbeda. Dengan demikian, kesalahan dalam proses input data pun dapat dihindari.
2. Rekam medis terdokumentasi dengan baik
Sebelum hadir sistem digital, pencatatan rekam medis masih menggunakan cara konvensional, yaitu dokter akan menuliskan riwayat kesehatan pasien menggunakan tulisan tangan di rekam medis cetak. Selanjutnya rekam medis akan disimpan di dalam ruangan.
Selain memerlukan ruangan yang besar, sistem pencatatan rekam medis yang lama juga berisiko tercecer atau terselip. Namun SATUSEHAT telah berhasil mengubah sistem tersebut menjadi rekam medis elektronik, yang lebih mudah dicari dan tersimpan dengan baik.
3. Proses rujukan tidak berbelit
SATUSEHAT juga membuat koordinasi antar Fasyankes menjadi lebih mudah dan efektif. Dengan hal ini, pasien tidak perlu lagi khawatir jika harus berpindah ketika menjalani proses pengobatan. Mereka tidak perlu membawa banyak berkas, karena seluruh pencatatan medis antar Fasyankes sudah saling terhubung dalam sistem.
4. Mengurangi banyaknya aplikasi
Tercatat sejak kemunculan SATUSEHAT hingga Februari 2023, platform ini telah berhasil memangkas sistem pelaporan kesehatan dari yang semula melalui 400 aplikasi, kini hanya 8 aplikasi. Hal ini tentu menjadi terobosan terbaru karena dapat mempercepat kinerja pembangunan kesehatan.
Selain itu, jumlah aplikasi yang lebih sedikit akan memudahkan proses koordinasi antar rumah sakit dan Fasyankes lainnya. Jadi, semua stakeholder dapat saling bersinergi membangun sistem kesehatan nasional yang lebih kuat dan tangguh untuk menghadapi ancaman kesehatan.
5. Meningkatkan respon pemerintah
Tahun 2020 lalu, Indonesia pernah dihadapkan pada pandemi COVID-19. Kejadian tersebut tentu menjadi pembelajaran bagi pemerintah untuk terus membenahi sistem kesehatan yang ada di Indonesia.
Oleh karenanya, pemerintah membangun SATUSEHAT untuk meningkatkan kemampuan sistem kesehatan yang ada di Indonesia. Melalui platform ini, deteksi dini, pencegahan, dan respon terhadap penyakit menular akan lebih mudah dilakukan karena semua Fasyankes telah saling terhubung.
Inilah berbagai alasan mengapa rumah sakit harus terhubung dengan SATUSEHAT. Walaupun bagi sebagian rumah sakit perubahan sistem bukanlah hal yang mudah, tetapi mau tidak mau sistem ini harus diterapkan terlebih di era digital seperti saat ini.
Untuk itu, Aviat hadir untuk memudahkan rumah sakit dalam proses mengaplikasikannya. Sebagai vendor teknologi kesehatan terkemuka, Aviat telah memiliki banyak pengalaman dalam membantu rumah sakit membangun sistem manajemen.
Aviat sendiri telah memiliki beberapa aplikasi, seperti SIMRS, SIREM, dan Aviat Telemedis yang dapat langsung terhubung dengan platform SATUSEHAT milik pemerintah.
Tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut mengenai berbagai aplikasi yang dimiliki Aviat? Hubungi tim marketing Aviat dan dapatkan informasi selengkapnya! (sherlya)