3 Hal yang Menunjukkan Telemedis Meningkatkan Kredibilitas RS

3 Hal yang Menunjukkan Telemedis Meningkatkan Kredibilitas RS

Perkembangan teknologi yang semakin pesat berdampak pada transformasi layanan kesehatan yang semakin mudah, praktis dan modern. Telemedis menjadi salah satu layanan kesehatan yang paling cepat berkembang dalam sistem perawatan kesehatan. Penggunaan telemedis terbukti mampu meningkatkan tingkat akurasi dan kecepatan diagnosis. Kemampuan tersebut membuat semakin banyak pengelola rumah sakit yang percaya bahwa telemedis meningkatkan kredibilitas RS. 

Sistem dan fitur-fitur pada perangkat telemedis, memberikan peluang yang luas bagi manajemen rumah sakit untuk terus mengumpulkan data dan mengevaluasi kinerja pelayanan kesehatan mereka selama ini. Salah satu contohnya adalah dengan adanya fitur umpan balik dari pasien, sehingga dokter dan manajemen rumah sakit dapat memahami apa yang dibutuhkah pasien dalam proses pelayanan. Hal tersebut mendorong peningkatan layanan kesehatan yang semakin berkualitas dan memuaskan seiring dengan berjalannya waktu. Hal tersebut semakin menegaskan bahwa telemedis meningkatkan kredibilitas RS dan Anda akan mendapatkan penjelasan selengkapnya di bawah ini!

  1. Kepercayaan Pasien

Telemedis meningkatkan kredibilitas RS melalui peningkatan kepercayaan pasien bahwa mereka akan dilayani sesuai dengan janji temu yang sebelumnya dibuat. Mengantre di ruang tunggu rumah sakit bukan hanya melelahkan tapi juga menghabiskan banyak waktu pasien. Belum lagi resiko penularan penyakit yang sangat tinggi di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai seperti saat ini. 

Survei yang dilakukan oleh Sequence, menemukan bahwa 85% pasien rata-rata mengalami keterlambatan pemeriksaan selama 10-30 menit dari waktu janji yang sebelumnya dibuat. Hal tersebut pada akhirnya justru memberikan citra yang buruk bagi pengelola layanan kesehatan. Selain tampak kurang profesional, pasien dengan agenda yang padat pada akhirnya kecewa dan tidak tertarik untuk menggunakan lagi layanan kesehatan yang di tempat tersebut.

Telemedis meningkatkan kredibilitas RS dengan meniadakan sistem antrian yang berpotensi menjadi jam karet. Sistem telemedis yang transparan memungkinkan pasien untuk memilih dokter mereka sendiri, memilih jadwal konsultasi yang sesuai dengan agenda mereka, serta membuat janji temu dengan dokter secara lebih praktis. Setelah janji temu sudah dibuat, rumah sakit dan dokter dapat memanfaatkan platform virtual untuk melayani pasien secara online sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Keterbukaan yang dihasilkan sistem telemedis meningkatkan kredibilitas RS. Pasien merasa lebih dekat dan terjamin kebutuhannya. Mereka tidak perlu menghabiskan waktu di ruang tunggu yang penuh dengan risiko dan mentoleransi keterlambatan pemeriksaan. Hal tersebut semakin meningkatkan kepercayaan pasien dan membuat mereka tidak enggan untuk kembali lagi pada saat pemeriksaan berikutnya.

         2. Profesionalitas Layanan

Telemedis meningkatkan kredibilitas RS dengan memberikan pelayanan yang tidak hanya praktis dan fleksibel, namun tetap berpijak pada prosedur yang profesional. Meskipun menyajikan berbagai kemudahan layanan, fleksibilitas yang ditawarkan telemedis harus tetap menjaga kualitas layanan dan kontribusi, juga meningkatkan kredibilitas di mata masyarakat. Salah satunya adalah kerahasiaan data pasien.

Meskipun layanan dilakukan secara virtual baik melalui fitur telepon, chat, ataupun video call, sistem telemedis tetap mengutamakan privasi dan kerahasiaan data pasien. Dengan sistem keamanan yang teruji, memungkinkan rumah sakit untuk mendokumentasikan, merahasiakan dan memprioritaskan data pasien. Kemampuan untuk menjaga kerahasiaan data juga semakin menegaskan bahwa telemedis meningkatkan kredibilitas RS. Ketika pasien merasa seluruh data pemeriksaan mereka aman, mereka akan semakin percaya pada pelayanan rumah sakit.

          3. Menghargai Pasien

Telemedis meningkatkan kredibilitas RS dengan fitur feedback yang memungkinkan pasien memberikan penilaian terhadap pelayanan rumah sakit dan dokter secara spesifik. Melalui fitur tersebut, pasien dapat menyampaikan penilaian, masukan, serta kritik dan saran mereka kepada pihak rumah sakit. Bagi pihak manajemen rumah sakit, hal tersebut memudahkan mereka untuk memahami keinginan pasien dan melakukan perbaikan layanan sesuai dengan harapan.

Telemedis meningkatkan kredibilitas RS melalui timbal-balik yang melibatkan pasien secara langsung dalam melakukan perbaikan layanan kesehatan. Masukan yang positif dan bersifat membangun memungkinkan manajemen untuk melakukan perbaikan layanan. Bagi pasien, masukan mereka yang direalisasikan memunculkan perasaan bahwa suara mereka sangat dihargai sebagai pasien.

Anda juga dapat meningkatkan kredibilitas rumah sakit dengan menggunakan AVIAT telemedis yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Pasien dapat melakukan pendaftaran secara online dan menjalani pemeriksaan sesuai jadwal yang ditentukan, memberikan penilaian terhadap pelayanan dokter dan mengetahui biaya pelayanan sejak awal memilih. Ingin mengetahui lebih banyak tentang fitur AVIAT? silakan menghubungi tim marketing AVIAT! (Pradana)

Similar Posts