Ingin Tingkatkan Pendapatan RS? Omnichannel Solusinya!
Omnichannel bidang kesehatan merupakan solusi yang tepat bagi rumah sakit untuk memperoleh tambahan pendapatan dari layanan yang dihadirkan. Sayangnya, belum semua rumah sakit mengenal tentang apa itu omnichannel dan juga perannya bagi rumah sakit.
Padahal omnichannel telah lebih dahulu dikenal oleh industri lainnya, bahkan diterapkan sebagai salah satu strategi yang efektif untuk menjangkau konsumen dalam skala yang lebih luas.
Lantas, adakah perbedaan antara omnichannel bidang kesehatan dengan bidang lainnya? Untuk itu, Anda perlu mempelajari lebih lanjut mengenai apa itu omnichannel dan juga manfaatnya bagi bisnis pelayanan kesehatan. Berikut adalah penjelasan selengkapnya!
Pengertian Omnichannel Bidang Kesehatan
Secara sederhana, omnichannel dapat disebut sebagai saluran pemasaran (marketing channel) lintas platform. Dengan adanya saluran pemasaran ini, nantinya setiap saluran pemasaran kepada konsumen akan dilakukan secara selaras. Artinya, setiap platform yang dimanfaatkan untuk menjangkau konsumen terlihat konsisten karena keseluruhan proses diatur melalui sebuah sistem terintegrasi yang memungkinkan departemen pemasaran memperoleh pandangan yang lebih luas (eagle view) dari keseluruhan strategi pemasaran.
Oleh karena itu, omnichannel bidang kesehatan dapat diartikan sebagai solusi pemasaran terintegrasi untuk meningkatkan pengalaman pasien dalam menggunakan layanan kesehatan dari RS atau juga klinik.
Kehadiran solusi ini sangat penting bagi RS, mengingat pasien juga adalah konsumen yang perlu Anda perlakukan dengan sebaik-baiknya.
Apalagi RS memadukan beberapa unsur bisnis, mulai dari bisnis retail dan juga jasa, sehingga Anda dapat menjadikan solusi omnichannel bidang kesehatan untuk meningkatkan jumlah pasien baru dan mempertahankan pasien lama yang telah berlangganan dengan RS Anda.
Manfaat Omnichannel Bidang Kesehatan bagi Peningkatan Pendapatan
Meskipun terlihat sepele, nyatanya omnichannel bidang kesehatan memiliki segudang manfaat bagi rumah sakit Anda. Beberapa di antaranya meliputi:
Kehadiran kualitas pelayanan yang terstandarisasi
Seperti yang telah sekilas disebutkan di atas, konsistensi merupakan salah satu karakter dari omnichannel. Tentunya hal ini juga akan Anda peroleh pada omnichannel bidang kesehatan.
Dengan adanya solusi ini, nantinya setiap saluran pemasaran akan memiliki standar dan kualitas yang sama untuk menjangkau pasien. Hal ini sangat penting, mengingat calon pasien biasanya akan mencari tahu informasi mengenai rumah sakit Anda melalui berbagai media. Contohnya seperti media sosial, website atau juga Google My Business.
Mempermudah aktivitas pelayanan kesehatan
Tidak hanya konsistensi informasi, omnichannel juga memungkinkan proses pelayanan kesehatan yang diterima pasien menjadi lebih mudah. Anda dapat memanfaatkan berbagai teknologi untuk menjangkau pasien.
Misalnya dengan telemedis untuk memberikan konsultasi medis jarak jauh atau juga aplikasi berbasis smartphone yang dapat digunakan untuk mengatur antrean atau penebusan obat secara digital.
Pengalaman dua arah yang lebih berkualitas
Interaksi antara dokter dan pasien sangatlah penting bagi sebuah rumah sakit. Untuk itu, omnichannel bidang kesehatan juga biasanya dilengkapi dengan kemampuan interaksi yang lebih hidup dan personal.
Contohnya, penyajian informasi kesehatan yang lebih interaktif dengan media aplikasi yang dilengkapi dengan tombol untuk segera langsung menghubungi dokter atau juga keselarasan pada keseluruhan sistem untuk mempermudah calon pasien dalam mendapatkan layanan yang dibutuhkan. Dengan begitu, pelayanan kesehatan yang diterima lebih cepat dan pelayanan kesehatan yang Anda miliki pun dapat menjangkau lebih banyak orang.
Mengimbangi perkembangan teknologi
Sebagai garda terdepan dalam menghadirkan kualitas kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat, rumah sakit tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan penghasilan semata. Anda perlu beradaptasi dengan perkembangan zaman agar tidak tertinggal dari industri lainnya.
Di sinilah peran omnichannel bidang kesehatan menjadi penting. Dengan adanya solusi omnichannel untuk menyelaraskan seluruh pelayanan kesehatan yang Anda miliki, besar kemungkinan kualitas pelayanan juga akan dapat dipertahankan atau bahkan meningkat.
Solusi Omnichannel Bidang Kesehatan di Era Digital
Implementasi omnichannel sebenarnya cukup beragam pada masa sekarang ini. Akan tetapi, tidak semuanya cocok untuk diterapkan bagi rumah sakit. Oleh karena itu, Aviat hadir dengan solusi untuk mempermudah instalasi omnichannel bagi bisnis pelayanan kesehatan yang Anda miliki.
Dengan pengalaman bertahun-tahun di dunia kesehatan, tim Aviat terdiri dari kumpulan engineer, desainer dan juga spesialis marketing yang memahami pentingnya omnichannel bidang kesehatan. Kami memiliki solusi seperti telemedis, sistem informasi manajemen rumah sakit, hingga aplikasi berbasis smartphone yang bernama Aviat Mobile App untuk digunakan pasien dalam registrasi pelayanan dan pembayaran digital.
Segudang solusi ini tentunya dapat menjadi strategi yang tepat dalam membantu Anda untuk memperoleh pengalaman menggunakan omnichannel yang tepat agar pemasaran layanan yang Anda miliki menjadi lebih efektif. Bahkan, bukannya tidak mungkin peningkatan pendapatan juga akan Anda peroleh karena kecepatan pelayanan yang diberikan.
Tertarik mengetahui lebih lanjut mengenai solusi dari Aviat? Hubungi tim marketing kami sekarang juga untuk memperoleh informasi selengkapnya! (Pradana)