Persiapkan RS Anda untuk Hadapi Perkembangan Digitalisasi Layanan Kesehatan
Sudahkan Anda mempersiapkan diri untuk menghadapi era modern dengan menghadirkan digitalisasi layanan kesehatan yang tepat?
Tanpa adanya sistem informasi yang mampu mengakomodir kebutuhan digitalisasi layanan kesehatan yang Anda miliki, nantinya manajemen RS yang Anda kelola akan kesulitan untuk mengejar ketertinggalan dibandingkan RS lain yang telah memulainya lebih dahulu.
Bagaimana langkah yang tepat untuk mempersiapkannya? Ketahui selengkapnya melalui penjelasan berikut ini!
3 Strategi Digitalisasi Layanan Kesehatan yang Perlu Anda Terapkan
Jika Anda ingin mempertahankan pasien di tengah gempuran teknologi yang semakin maju, maka Anda perlu menerapkan beberapa strategi yang tepat pada proses digitalisasi layanan kesehatan yang dimiliki.
Beberapa strategi tersebut meliputi:
1. Memangkas waktu tunggu pasien dengan aplikasi antrean digital
Antrean yang membludak dapat menjadi pertanda buruk bagi manajemen RS, karena memberikan persepsi pada kurang profesional dan siapnya RS yang Anda kelola.
Untuk itu, digitalisasi layanan kesehatan dapat dimulai dari meja pendaftaran Anda. Caranya dengan menggunakan aplikasi antrean online seperti yang dimiliki oleh Aviat untuk mempermudah calon pasien dalam memilih jadwal dan juga poli pelayanan sesuai yang dibutuhkan.
2. Hadirkan transparansi biaya di hadapan pasien
Perlu Anda ketahui, banyak pasien yang menganggap bahwa manajemen RS membebankan biaya yang besar semata-mata hanya demi kepentingan bisnis.
Oleh karena itu, untuk menjawab keraguan tersebut maka Anda perlu menyiapkan sistem informasi yang mampu membantu dokter dan juga tenaga medis lainnya untuk menjelaskan biaya yang dikeluarkan sejelas mungkin.
Strategi digitalisasi layanan kesehatan ini dapat dicapai dengan menggunakan aplikasi SIMRS yang telah dilengkapi dengan modul business intelligence, sehingga prosesnya lebih cepat dan efisien.
3. Pangkas waktu pelayanan dengan telemedis
Kemunculan telemedis yang semakin menjamur saat masa pandemi sebenarnya juga dapat menguntungkan Anda.
Dengan mengimplementasikan aplikasi telemedis yang dapat diandalkan, maka dokter dapat melayani pasien dengan tingkat urgensi yang rendah melalui media video call atau juga chatting.
Tentunya hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pada proses pelayanan kesehatan Anda. Dokter atau tenaga medis lain pun dapat melayani lebih banyak pasien.
Jadi, sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk memasukkan telemedis pada strategi digitalisasi layanan kesehatan yang dimiliki.
Mengembangkan Strategi Digitalisasi Sendiri atau Bersama Vendor?
Pertanyaan ini perlu Anda jawab sedini mungkin, karena berhubungan dengan faktor pembiayaan dan juga kesiapan sumber daya manusia dan teknologi yang Anda butuhkan.
Tentunya akan lebih bijak jika menyerahkannya kepada vendor teknologi yang sudah terbiasa untuk menciptakan solusi digitalisasi layanan kesehatan yang sudah siap digunakan.
Bingung untuk memulainya dari mana?
Anda dapat menyerahkan semua kebutuhan digitalisasi layanan kesehatan kepada Aviat, vendor teknologi terkemuka yang telah menciptakan beragam solusi berbasis aplikasi untuk membantu industri kesehatan agar dapat menghadirkan pelayanan yang lebih efektif dan juga efisien.
Aviat memiliki berbagai solusi yang sudah siap pakai, mulai dari aplikasi antrean online, Aviat SIMRS, Aviat Telemedis, hingga Sistem Penyimpanan Dokumen Digital Rekam Medis (SIREM) yang dilengkapi aplikasi web based yang memungkinkan akses dasbor dilakukan dari mana saja dan kapan saja.
Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut? Hubungi tim marketing Aviat sekarang juga untuk informasi selengkapnya! (Pradana)