Optimalkan Kinerja Rumah Sakit dengan Omnichannel

Optimalkan Kinerja RS Anda dengan Omnichannel

Fungsi nyata omnichannel belum terlalu luas dikenal di Indonesia, karena tidak semua RS memanfaatkannya. Padahal adanya perangkat ini dapat membantu Anda, khususnya dalam melayani pasien dengan lebih baik.

Selain itu, omnichannel juga dapat menjadi sarana bagi bisnis pelayanan kesehatan dalam meningkatkan potensi pendapatannya. Untuk itu, adopsi channel pemasaran terintegrasi ini perlu Anda jadikan strategi di tahun ini.

Apa itu sebenarnya fungsi nyata omnichannel bidang kesehatan dan bagaimana pula utilisasinya dalam pemasaran layanan RS? Berikut adalah penjelasan selengkapnya!

Fungsi Nyata Omnichannel di Era Digital

Tahukah Anda? Menurut hasil survei yang dirilis oleh Experian Health pada akhir 2020 menyebutkan bahwa 78% pasien mengungkapkan bahwa mereka ingin memperoleh keleluasaan dalam menjadwalkan janji temu secara digital.

Apalagi mengingat pandemi Covid-19 telah mendisrupsi industri kesehatan secara besar-besaran. Tentunya Anda tidak dapat bergantung pada strategi dan metode yang sama untuk melayani pasien.

Untuk itu, Anda perlu menanggapi keinginan dan kebutuhan pasien dengan mengedepankan transformasi digital pada setiap proses bisnis yang Anda miliki. Utilisasi dari omnichannel bidang kesehatan adalah salah satunya.

Pada dasarnya, utilisasi saluran pemasaran lintas seperti omnichannel bukanlah hal baru di dunia bisnis. Jika diadaptasi untuk industri kesehatan, maka fungsi nyata omnichannel dapat dilakukan mulai dari beberapa hal berikut ini: 

  1. Customer support yang tersedia secara online

Dengan adanya customer care online, nantinya Anda dapat mengatasi keluhan atas pelayanan yang diterima dengan lebih cepat. Selain itu, customer care juga dapat langsung mengarahkan calon pasien berdasarkan keluhan kesehatan yang dialami.

Jika Anda menggunakan Aviat telemedis, fitur seperti feedback dari pasien yang diisikan setelah selesai berkonsultasi dengan dokter adalah salah satu bentuk fungsi nyata omnichannel bidang kesehatan yang paling sederhana.

  1. Pelayanan registrasi pasien digital

Fungsi nyata omnichannel bidang kesehatan lainnya adalah kehadiran aplikasi khusus yang dapat digunakan calon pasien untuk registrasi dan penjadwalan konsultasi dokter, baik melalui telemedis atau juga secara langsung.

Adanya aplikasi ini juga dapat membantu meja registrasi dalam menghindari penumpukan pasien. Prosesnya lebih cepat dan pasien pun hanya perlu datang sesuai dengan jadwal kunjungan.

  1. Penebusan obat berbasis teknologi

Di tengah perkembangan e-commerce yang begitu pesat di Indonesia, RS juga dapat memanfaatkannya untuk proses penebusan obat. Nantinya, pasien hanya tinggal memesan obat berdasarkan resep dari dokter dan obat-obatan langsung disiapkan apoteker untuk diambil pasien atau diantar oleh kurir.

  1. Broadcast informasi melalui aplikasi

Ada banyak aplikasi chat yang Anda manfaatkan untuk memberikan informasi seputar promo yang dimiliki rumah sakit. Cara ini mungkin yang paling sederhana, tetapi memiliki kekurangan, yaitu hanya dapat menjangkau pasien lama saja.

Untuk menjangkau pasien baru, Anda dapat menggunakan aplikasi terpadu seperti Aviat Mobile App yang dilengkapi fitur ‘Berita dan Informasi’ untuk memberi tahu pasien baru mengenai layanan, promo, dan juga informasi kesehatan.

Selain itu, Anda juga perlu aktif berpromosi di media sosial. Siapkan strategi yang tepat untuk setiap platform, agar audiens Anda dapat menjangkau pasar yang tepat untuk bisnis pelayanan kesehatan yang Anda kelola.

Solusi Omnichannel Bidang Kesehatan dari Aviat

Bagi Anda yang masih kebingungan untuk memperoleh vendor yang tepat untuk membantu dalam memperoleh fungsi nyata omnichannel, maka Aviat dapat menjadi solusinya.

Dengan beragam layanan berbasis teknologi yang didesain khusus untuk bisnis pelayanan kesehatan, transformasi digital dan fungsi nyata omnichannel dapat dirasakan dengan lebih optimal. Beberapa di antaranya seperti:

  • Aviat telemedis, untuk melayani konsultasi dokter jarak jauh melalui media chat dan juga video call.

  • Aplikasi Aviat SIMRS, yang dilengkapi modul marketing untuk menjaga hubungan baik dengan pasien lama dan membuat strategi promosi untuk pasien baru.

  • Aviat Mobile App, yang dapat Anda manfaatkan untuk registrasi pasien online, memberikan informasi layanan dan juga pembayaran digital.

Untuk itu, sudah saatnya RS yang Anda kelola merasakan fungsi nyata omnichannel dan meningkatkan pendapatan rumah sakit dengan jangkauan pemasaran yang lebih luas. Hubungi tim marketing Aviat sekarang juga untuk informasi selengkapnya! (Pradana)

Similar Posts