Mudah Memilih Dokter Saat Berobat Melalui Telemedis
Perkembangan teknologi telah menjadikan telemedis sebagai solusi yang tepat bagi pasien yang ingin berkonsultasi dengan dokter yang sama dari jarak jauh. Apalagi jika pasien sudah terbiasa dan juga cocok dengan pelayanan kesehatan yang diberikan dokter tersebut, tentunya rumah sakit atau klinik harus dapat mengakomodir kebutuhan pasien. Dengan begitu, cash flow bisnis pelayanan kesehatan yang Anda kelola dapat tetap terjaga.
Bagaimana sebenarnya telemedis dapat membantu proses pemilihan dokter dengan lebih mudah ketika pasien takut datang ke rumah sakit saat pandemi? Untuk memahami hal tersebut, maka informasi penting ini perlu Anda ketahui. Berikut adalah penjelasan selengkapnya!
Aspek Legalitas Konsultasi Dokter Jarak Jauh
Untuk memahami lebih lanjut mengenai proses pemilihan dokter dengan sistem telemedis, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai aturan yang menjadi dasar hukum atas praktik konsultasi kesehatan jarak jauh. Aturan tersebut tercantum di dalam Pasal 1 Ayat 1 Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 20 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Telemedicine Antar Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Pada pasal tersebut dijelaskan bahwa telemedicine atau telemedis merupakan pemberian konsultasi jarak jauh yang dilakukan oleh tenaga kesehatan profesional dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi.
Adapun beberapa tujuan telemedis pada pasal tersebut dapat dibedakan menjadi:
- Pertukaran informasi diagnosis pasien
- Pengobatan pasien dari jarak jauh
- Pencegahan cedera dan penyakit
- Evaluasi dan juga penelitian
- Pendidikan berkelanjutan
Oleh karena itu, dapat dipastikan bahwa praktik telemedis sudah didukung oleh pemerintah dan legal dilaksanakan oleh rumah sakit dan juga klinik. Jadi, manajemen rumah sakit dapat memanfaatkannya dengan lebih optimal.
Cara Mudah Memilih Dokter dengan Sistem Telemedis
Bagi pasien yang hendak melakukan konsultasi jarak jauh dengan dokter yang telah terbiasa menanganinya, maka ada beberapa langkah mudah yang perlu mereka ikuti, yaitu:
- Pasien mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi telemedis yang dimiliki rumah sakit/klinik.
- Dokter yang sedang aktif atau bertugas dapat dilihat oleh pasien pada layar, sehingga pasien dapat langsung mengklik atau mengetuk tombol yang tersedia.
- Pasien dapat memilih serta melihat jadwal dokter yang mereka kehendaki, sehingga dapat mengatur jadwal yang tepat dengan dokter pilihan.
- Untuk opsi pembayaran, manajemen rumah sakit dapat menentukan jenis pembayaran untuk jasa telemedis yang diberikan, yang dapat dikustomisasi jika Anda menggunakan Aviat.
Tidak hanya pasien saja yang dimudahkan dengan adanya telemedis, tenaga kesehatan seperti dokter umum dan juga spesialis dapat merasakan pula manfaat dari penggunaan telemedis. Beberapa kemudahan atau manfaat dari telemedis yang dirasakan antara lain:
- Menentukan jadwal praktik secara online, yang dapat dilakukan dari mana dan kapan saja, sehingga manajemen rumah sakit dapat mengatur jadwal praktik dokter dengan mudah dan efisien, tanpa perlu mengabaikan protokol kesehatan di masa pandemi.
- Menentukan harga konsultasi online, sehingga pembayaran menjadi lebih transparan dan dapat diatur sesuai dengan bentuk layanan kesehatan jarak jauh yang diberikan.
- Data dokter terisi secara otomatis, khususnya jika manajemen rumah sakit telah memasukkan atau input data tenaga kesehatan sebelumnya, yang dapat dilakukan melalui aplikasi telemedis dari Aviat.
- Konsultasi dapat berupa chat atau video, sehingga manajemen rumah sakit dan tenaga kesehatan dapat bersama-sama menentukan layanan yang tepat bagi setiap pasien.
Itulah tadi penjelasan mengenai cara telemedis dapat membantu manajemen rumah sakit dan klinik dalam mendukung pemilihan dokter yang dikehendaki pasien dengan lebih mudah. Untuk dapat melakukannya, tentu saja Anda membutuhkan sistem dan aplikasi telemedis yang dapat diandalkan.
Oleh karena itu, Anda dapat mempercayakan pengembangan sistem telemedis kepada Aviat! Bersama Aviat, Anda dapat mengembangkan sistem dengan kemampuan kustomisasi sesuai kebutuhan. Selain itu, Aviat juga memiliki solusi lainnya seperti SIMRS, SAMRS, SIREM, dan juga aplikasi antrean online untuk mendukung kinerja telemedis dengan lebih optimal.
Untuk informasi selengkapnya mengenai solusi ini, Anda dapat langsung menghubungi tim marketing Aviat sekarang juga!