Kinerja Dokter Optimal dengan Aplikasi Klinik Praktik Mandiri

Kinerja Dokter Optimal dengan Aplikasi Klinik Praktik Mandiri

Aplikasi klinik praktik mandiri merupakan solusi yang tepat bagi dokter yang belum memiliki asisten untuk mendukung pelayanan kesehatan yang lebih berkualitas. Dengan adanya aplikasi ini, nantinya klinik dapat beroperasi dengan mengandalkan sistem informasi, sehingga alur pelayanan pasien menjadi lebih optimal dan dilengkapi proses otomasi yang lebih efisien.

Lantas, bagaimana sebenarnya peran aplikasi digital ini dalam membantu klinik praktik mandiri? Untuk mempelajari lebih lanjut, berikut adalah penjelasan selengkapnya!

Mengenal Teknologi untuk Klinik Praktik Mandiri

Klinik praktik mandiri yang didukung oleh teknologi dan juga sistem informasi dikenal dengan sebutan smart clinic. Mirip dengan konsep smart hospital, sejatinya smart clinic merupakan konsep pelayanan kesehatan yang memungkinkan pasien untuk melakukan seluruh proses dengan bantuan teknologi.

Dengan adanya teknologi ini, nantinya pasien dapat dimudahkan, mulai registrasi yang dilakukan secara online, pemilihan jadwal konsultasi tatap muka atau telemedis, penebusan obat, hingga pembayaran sepenuhnya didukung dilakukan secara cashless.

Mengungkap Potensi Aplikasi Klinik Praktik Mandiri Digital

Salah satu bentuk implementasi klinik praktik mandiri yang dilengkapi teknologi adalah dengan hadirnya aplikasi Sistem Informasi Manajemen Klinik (SIMKlinik), yang berhasil membuka beberapa peluang baru bagi rumah sakit, antara lain:

1. Pengaturan jadwal praktik yang lebih optimal

Bagi klinik praktik mandiri, jam operasional yang lebih efisien sangat berpengaruh pada potensi pendapatan yang dihasilkan. Untuk itu, melalui penggunaan SIMKlinik, Anda akan lebih mudah mengatur jadwal pasien, karena pendaftaran pasien akan dilakukan secara digital. Dengan begitu, Anda dapat melayani lebih banyak pasien setiap harinya.

2. Efisiensi biaya operasional klinik

Pada dasarnya, klinik praktik mandiri yang Anda kelola tidak bisa dijalankan sendiri. Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak dapat meningkatkan efisiensi secara mandiri. Dengan adanya aplikasi SIMKlinik yang bertindak layaknya asisten Anda, nantinya jumlah karyawan dapat diminimalisir, sehingga biaya operasional bulanan juga tidak membengkak akibat gaji karyawan yang terlalu besar.

3. Memperluas jangkauan bisnis

Dengan adanya aplikasi klinik praktik mandiri seperti SIMKlinik, Anda juga dapat meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan. Caranya, dengan melengkapi SIMKlinik yang Anda gunakan dengan aplikasi telemedis, yang memungkinkan klinik Anda dalam melayani konsultasi jarak jauh dengan pasien. Hal ini tentunya berpotensi meningkatkan pendapatan Anda, khususnya selama pandemi seperti saat ini.

4. Memudahkan pekerjaan dokter yang bertugas

Tanpa adanya SIMKlinik, dokter yang bertugas akan kesulitan dalam melayani pasien. Apalagi tugasnya tidak hanya melayani pasien, tetapi juga membantu registrasi, administrasi, hingga pengecekan stok obat-obatan. Tentunya hal ini dapat menyulitkan.

Di sinilah peran aplikasi SIMKlinik bagi klinik praktik mandiri membantu Anda, agar dokter dapat fokus pada tugasnya dan hal lain yang terkait administrasi dan inventori dapat dilakukan secara otomatis. Dengan begitu, kualitas pelayanan yang dihadirkan akan ikut meningkat.

Biaya Implementasi SIMKlinik Mahal, Benarkah Demikian?

Setiap implementasi teknologi pada bisnis pelayanan kesehatan tentunya membutuhkan investasi di awal. Akan tetapi, bukan berarti Anda harus mengeluarkan biaya yang terlalu besar untuk memulainya.

Untuk itu, Anda dapat memanfaatkan solusi SIMKlinik siap pakai dari Aviat, yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan klinik praktik mandiri dalam implementasi sistem informasi.

Struktur biaya yang ditawarkan oleh Aviat juga lebih kompetitif dan juga terukur, tanpa adanya biaya yang ditutup-tutupi. Transparansi ini memungkinkan klinik Anda untuk menghitung Return of Investment (ROI) dengan lebih optimal.

Tidak hanya itu, solusi aplikasi klinik praktik mandiri dari Aviat ini juga dilengkapi dengan banyak kelebihan, mulai dari kemampuan integrasi dengan pihak ketiga seperti Mobile JKN dan juga PCare, modul lengkap dari administrasi sampai keuangan, hingga dukungan web based app yang dapat Anda gunakan dari mana saja dan kapan saja.

Oleh karena itu, tidak perlu ragu untuk memulai transformasi digital pada klinik praktik mandiri yang dikelola. Bersama Aviat, efisiensi dan efektivitas klinik pun dapat tercipta.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut? Hubungi tim marketing Aviat sekarang juga untuk informasi selengkapnya! (Pradana)

Similar Posts