Ketika Jam Menjadi Lawan: Mengejar Efisiensi dengan Alat Antrean Rumah Sakit
Lamanya waktu antrean seringkali mengindikasikan mutu pelayanan rumah sakit yang kurang memadai. Hal inilah yang membuat manajemen berupaya meningkatkan efisiensi dan mengatasi antrean yang mengular dengan menghadirkan alat antrean rumah sakit.
Lama atau panjangnya antrean di rumah sakit menjadi salah satu hal utama yang menjadi perhatian pasien. Hal ini karena antrean merupakan pelayanan awal dan pintu gerbang rumah sakit yang dapat menimbulkan kesan awal bagi pasien sebagai konsumen akan pelayanan yang diberikan.
Antrean yang panjang akan menimbulkan kesan yang tidak baik bahkan bisa membuat pasien mengeluhkan pelayanan rumah sakit. Di beberapa daerah misalnya, pasien bahkan harus datang sejak pukul 6 pagi untuk meletakkan barang sebagai tanda antrean di lantai, padahal loket pendaftaran baru dibuka jam 8 pagi.
Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa kondisi. Adapun sejumlah hal yang menyebabkan antrean pendaftaran mengular antara lain:
- Jumlah pasien terlalu banyak
Dari segi sistem pelayanan, beberapa rumah sakit mungkin belum siap dengan hadirnya banyak pasien. Terlebih ketika kasus COVID-19 menurun dan membuat pasien kembali berdatangan langsung ke rumah sakit. Kondisi ini sering kali menyebabkan petugas pelayanan tidak siap dengan perubahan yang terjadi.
- Pasien tidak mengerti teknologi
Saat ini, pendaftaran secara online menjadi salah satu solusi untuk mengatasi antrean yang mengular. Namun sayangnya, solusi ini juga dapat terkendala faktor usia, pasien yang lanjut usia cenderung tidak paham atau gagap teknologi (gaptek) sehingga memerlukan bantuan orang lain untuk melakukan pendaftaran online.
- Sistem belum memadai
Untuk menghadirkan pelayanan yang maksimal pada sistem pendaftaran perlu diterapkan teknologi yang memadai, misalnya pengelolaan sistem rumah sakit yang terintegrasi dan rekam medis elektronik. Sayangnya saat ini, belum semua rumah sakit memiliki sarana, prasarana, dan koneksi internet yang memadai untuk mendukung sistem pendaftaran online.
- Ketersediaan petugas kesehatan
Ketersediaan petugas kesehatan juga menjadi salah satu faktor yang memengaruhi waktu pendaftaran pasien. Apabila petugas kesehatan yang berada di bagian administrasi pasien tidak memadai, antrean pasien akan menjadi panjang karena keterlambatan penanganan. Selain itu, kondisi ini juga rawan menyebabkan human error.
Hadirkan Alat Antrean Rumah Sakit untuk Tingkatkan Efektivitas Pendaftaran Pasien
Untuk mengatasi lamanya waktu antrean pasien, pengelola dapat menerapkan alat antrean rumah sakit untuk memudahkan proses pendaftaran pasien. Alat ini juga biasa disebut Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) yang sekilas nampak seperti mesin ATM.
Kehadiran alat antrean rumah sakit ini memungkinkan pasien umum dan pasien BPJS untuk melakukan pendaftaran secara online dan kemudian mencetak Surat Eligibilitas Peserta (SEP) tanpa harus mengantre di loket pendaftaran. Tentunya hal ini dapat memotong waktu menunggu yang panjang.
Ada banyak manfaat dari kehadiran alat antrean rumah sakit, antara lain memangkas dan mengurangi antrean di loket pendaftaran, memudahkan pasien yang ingin berobat ke poli, mengatur jam pelayanan dan kuota pasien, meningkatkan efektivitas pelayanan, serta meningkatkan mutu pelayanan di rumah sakit.
Salah satu vendor yang menyediakan alat antrean rumah sakit adalah AVIAT. Layanan ini diberi nama Kioska dan mampu memberikan solusi untuk mengatasi antrean pasien yang lama dan panjang di rumah sakit. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan isi layanan dengan budget dan kebutuhan di rumah sakit yang Anda kelola.
Pemasangan instalasi alat antrean rumah sakit ini juga lebih mudah, bahkan bisa dilakukan sendiri tanpa perlu memanggil teknisi khusus. AVIAT juga menyediakan manual book yang dapat membantu Anda untuk memahami cara penggunaan, dan memudahkan petugas kesehatan untuk memberikan panduan kepada pasien. Tertarik menerapkan alat antrean rumah sakit Kioska untuk mengatasi antrean yang panjang? Hubungi tim marketing AVIAT untuk mendapatkan informasi selengkapnya! (Sherlya).