Kemenkes RI Indonesia Health Services, Solusi Integrasikan Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Kemenkes RI: Indonesia Health Services, Solusi Integrasikan Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Perkembangan teknologi yang pesat memberikan solusi kemudahan dalam proses bekerja di berbagai sektor industri. Tidak terkecuali dalam industri pelayanan kesehatan. Maka dari itu,  Kemenkes RI meluncurkan platform Indonesia Health Services yang diberi nama “SATUSEHAT”. 

Platform SATUSEHAT bertujuan agar informasi yang dimiliki seperti rekam medis dan data-data lainnya dapat terintegrasi secara digital antar setiap fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). SATUSEHAT akan mempercepat penerimaan informasi di rumah sakit sehingga pengambilan keputusan medis akan lebih terarah.

Latar belakang dan peran Indonesia Health Services 

Pada awalnya, Kemenkes RI merumuskan Cetak Biru Strategi Transformasi Digital Kesehatan 2024 yang berlandaskan semangat mewujudkan Indonesia sehat secara kolaboratif bersama seluruh pelaku industri kesehatan dalam suatu platform yakni Indonesia Health Services. Lalu, beberapa pelaku bisnis dalam bidang kesehatan mulai mendaftarkan industrinya untuk mengikuti uji coba pada 22 April 2022 sampai dengan 22 Mei 2022. Tidak lama kemudian, platform ini akhirnya diresmikan pada Selasa, 26, Juli 2022 oleh Menteri Kesehatan Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU.

Indonesia Health Services menjadi sebuah platform digital kesehatan yang menyediakan konektivitas data, analisis, dan layanan untuk mendukung dan mengintegrasikan berbagai aplikasi kesehatan di Indonesia.

Apa saja kelebihan integrasi data pelayanan kesehatan?

Pada dasarnya, Platform SATUSEHAT bermanfaat untuk mengintegrasikan data pelayanan kesehatan melalui platform digital. Hal ini akan memberikan manfaat kemudahan bagi tenaga medis dalam melaksanakan kegiatan menangani pasien setiap harinya. Namun, perlu Anda ketahui bahwa implementasi Platform SATUSEHAT di rumah sakit juga memiliki 4  kelebihan lainnya. Berikut selengkapnya:

1. Proses input data tidak perlu dilakukan berulang kali

Sistem pelayanan fasilitas kesehatan konvensional mengharuskan pasien untuk mendaftarkan diri ke loket, lalu staf rumah sakit akan menginput data sesuai dengan identitas pasien. Proses pendaftaran akan mengambil waktu lebih lama ketika adanya bridging BPJS.

Dengan adanya Platform SATUSEHAT, tenaga kesehatan tidak perlu menginput data pasien berulang kali pada aplikasi yang berbeda karena data yang sudah melalui proses input pertama kali sudah terintegrasi dalam platform digital Indonesia Health Services .

2. Informasi rekam medis pasien yang transparan

Kelengkapan informasi yang dimaksud adalah ketika terdapat rumah sakit yang melakukan rujuk pasien untuk melakukan pengobatan di rumah sakit lain, maka data rekam medis pasien di rumah sakit sebelumnya sudah terdapat di dalam sistem Indonesia Health Services. Dengan begitu rumah sakit rujukan tidak perlu menginput ulang riwayat pengobatan pasien atau cukup melakukan konfirmasi data yang ada kepada pasien.

3. Koordinasi antar fasyankes lebih efektif

Sistem yang terintegrasi dalam platform SATUSEHAT memungkinkan setiap fasyankes dapat mengakses informasi tentang rekam medis pasien, perkembangan COVID-19 di Indonesia secara real time, hingga layanan laboratorium di rumah sakit yang telah mengimplementasikan platform SATUSEHAT. Dengan begitu, koordinasi tenaga kesehatan di setiap fasyankes dapat lebih mudah dalam menangani pasien.

4. Pengambilan keputusan pemerintah akan solusi mengatasi wabah penyakit lebih cepat

Data yang terintegrasi dalam platform Indonesia Health Services, akan menghadirkan sebuah kesatuan informasi dari setiap industri kesehatan di Indonesia. Dengan data rekam medis pasien yang tercatat akurat dalam platform Indonesia Health Services, pemerintah dapat mengetahui dan menganalisis kondisi kesehatan masyarakat Indonesia dari data yang terpusat.

Dengan begitu, kemampuan pemerintah untuk melakukan deteksi dini, pencegahan, dan respon terhadap penyakit menular lebih cepat.

Kini, saatnya bertransformasi digital layanan kesehatan!

Supaya rumah sakit Anda dapat segera mengimplementasikan platform Indonesia Health Services, sebaiknya mulai dari sekarang tentukan sistem manajemen rumah sakit yang tepat.

AVIAT sebagai perusahaan penyedia jasa teknologi kesehatan, menyediakan layanan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) yang dapat diterapkan pada rumah sakit Anda. Penggunaan AVIAT SIMRS memungkinkan rumah sakit Anda dapat terintegrasi dengan rumah sakit lainnya yang telah menggunakan platform Indonesia Health Services. Hubungi tim marketing kami untuk berdiskusi lebih lanjut dan mendapatkan penawaran menarik! (Lusiana)

Similar Posts