Inilah Solusi untuk Antrean Panjang di Klinik Anda

Inilah Solusi untuk Antrean Panjang di Klinik Anda

Bertambahnya jumlah pasien merupakan salah satu indikator positif bagi klinik Anda. Hal tersebut menunjukan bahwa bisnis Anda mengalami progres dan kemajuan dari sebelumnya. Namun, bertambahnya jumlah pasien juga membawa potensi akan antrean panjang yang terjadi di klinik Anda. Terlebih lagi, manajemen klinik tidak memiliki solusi untuk antrean panjang tersebut. 

Tidak dapat dipungkiri, mengantre di ruang tunggu klinik merupakan pengalaman yang buruk. Pasien yang datang umumnya sedang merasa tidak nyaman karena kondisi badan yang kurang sehat. Terlebih lagi potensi penularan virus yang terjadi selama mengantri di ruang tunggu dan tidak semua pasien memiliki waktu luang yang sama banyaknya. Dengan berbagai alasan tersebut, menemukan solusi untuk antrean panjang merupakan hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan klinik Anda.

Bagaimana Antrean Panjang Terjadi?

Menambah kapasitas atau jumlah pegawai saja bukanlah solusi untuk antrean panjang pasien. Faktanya, antrean pasien akan tetap terjadi jika alur dan pelayanan kesehatan tidak dilakukan dengan efisien. Salah satu faktor yang menyebabkan lambatnya pelayanan yang banyak terjadi pada fasilitas kesehatan adalah administrasi yang dilakukan secara manual.

Inilah Solusi untuk Antrean Panjang di Klinik Anda

Sebelum mendapatkan penanganan dan pemeriksaan dari dokter, pasien harus mendaftar terlebih dulu di loket pendaftaran. Pada tahap tersebut, data-data pasien akan dicatat pada surat atau buku berobat oleh bagian pendaftaran. Petugas rekam medis kemudian mencarikan catatan rekam medis pasien dan mengantarkannya ke ruang pemeriksaan. 

Dapat dibayangkan, berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk melakukan pekerjaan ini. Terlebih lagi setelah pemeriksaan dokter harus mencatat keluhan pasien dan membuat resep. Peracikan resep pun kebanyakan dibuat secara manual setelah pasien membawakan catatan resep dokter di bagian farmasi. Pasien sekali lagi harus menunggu dan mengantri. Dengan alur kerja yang panjang dan manual tersebut, apakah Anda yakin menambah karyawan dapat menjadi solusi untuk antrean panjang pasien di klinik?

Jawabannya tidak. Selain menjadi pemborosan operasional, menambah karyawan tidak menyelesaikan inti masalahnya, yaitu proses administrasi yang tidak efisien. Dilansir dari National Library of Medicine, berdasarkan survei yang dilakukan kepada 4.720 dokter AS yang bekerja 20 jam atau lebih per minggu, rata-rata menghabiskan 16.6% dari jam kerja mereka untuk melakukan pekerjaan administrasi saja. Beban administrasi yang besar secara otomatis akan mengurangi kapasitas dokter dalam menangani pasien. Itulah sebabnya, mengurangi  beban administrasi dokter dapat menjadi solusi untuk antrean panjang di klinik yang efektif.

Digitalisasi, Solusi untuk Antrean Panjang Pasien

Efisiensi alur kerja administrasi merupakan solusi untuk antrean panjang yang paling efektif. Dengan proses administrasi yang lebih cepat, pasien tidak perlu menunggu lama untuk pencatatan dan pekerjaan teknis lainnya. Jika hal ini berhasil dilakukan, antrean pasien yang panjang dapat diminimalisir atau bahkan dihilangkan. Lalu bagaimana caranya?

Perkembangan teknologi menawarkan efisiensi pekerjaan administrasi pelayanan klinik dengan adanya aplikasi layanan klinik. Penggunaan aplikasi digital ini memungkinkan data pasien dikelola secara digital. Digitalisasi data akan membantu dokter, apoteker maupun staf resepsionis untuk memproses data pasien lebih cepat. Hal ini akan menghasilkan efisiensi administrasi, yang dapat menjadi solusi untuk antrean panjang di klinik. Pendaftaran pasien dapat dilakukan dengan lebih efisien dan praktis tanpa pencatatan data secara manual di kertas.

Inilah Solusi untuk Antrean Panjang di Klinik Anda

Alasan mengapa aplikasi SIMKlinik dapat menjadi solusi untuk antrean panjang bukan hanya karena kemudahan dalam proses pendaftaran pasien saja. Dokter juga dapat mengecek rekam medis pasien secara real-time melalui tablet atau komputer yang ada di ruang praktek mereka. Bahkan dokter dapat mencatat resep pasien melalui aplikasi ini, yang secara real-time dapat diakses oleh bagian farmasi. Ketika pasien datang ke bagian farmasi, obat sudah disiapkan dan dapat langsung dibawa pulang. Efisiensi ini akan mempercepat layanan kesehatan, dan memungkinkan klinik dapat melayani lebih banyak pasien.

Aplikasi klinik seperti AVIAT SIMKlinik memungkinkan data layanan klinik tersinkron secara otomatis pada setiap komputer yang terpasang. Hal ini akan memudahkan akses dokumen dan proses administrasi yang lebih cepat. Penggunaan AVIAT SIMKlinik dapat menjadi solusi untuk antrean panjang yang terjadi di klinik Anda. Klinik Anda tidak harus merekrut staf baru untuk mengatasi lonjakan pasien akibat lambatnya administrasi.Hubungi tim marketing AVIAT untuk konsultasi lebih lanjut tentang kebutuhan klinik Anda! (Septiani)

Similar Posts