Inilah Pentingnya Fungsi Teknologi Informasi bagi Rumah Sakit
Fungsi Teknologi Informasi bagi Rumah Sakit

Inilah Pentingnya Fungsi Teknologi Informasi bagi Rumah Sakit

  • Post Author:
  • Post Category:Blog
  • Post Comments:0 Comments

Fungsi teknologi informasi sangatlah banyak bagi rumah sakit, karena dapat membantu tenaga kesehatan untuk menyelamatkan ribuan nyawa setiap harinya. Selain itu, teknologi informasi juga memudahkan staf IT institusi pelayanan kesehatan dalam mengolah data yang dimiliki, agar dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas dari layanan yang diberikan.

Di sisi lain, masih banyak orang yang mempertanyakan fungsi teknologi informasi bagi rumah sakit. Padahal seperti yang kita ketahui bersama, keselamatan pasien tetap menjadi prioritas pertama, salah satunya adalah dengan menghadirkan fasilitas yang lebih baik bagi pasien. Lalu, apa sajakah fungsi teknologi informasi di RS? Berikut kami ajak Anda untuk mengetahui selengkapnya!

Fungsi teknologi informasi bagi rumah sakit yang pertama berkaitan dengan data. Anda tentunya paham bahwa data yang dimiliki institusi pelayanan kesehatan tergolong rumit. Oleh karena itu, fungsi teknologi informasi ini adalah untuk memudahkan Anda dalam mengakses dan juga mengolah data yang dimiliki. Dengan adanya aplikasi yang menghubungkan staf rumah sakit dengan pusat data yang terintegrasi, rumah sakit yang Anda kelola tidak perlu lagi kerepotan dalam mencari data pasien di pusat arsip dan membongkarnya satu-persatu.

  1. Kemudahan dalam Mengakses Data

Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci tertentu dengan bantuan aplikasi berbasis online, maka data yang dibutuhkan dapat Anda peroleh dalam sekejap. Selain itu, fungsi teknologi informasi di RS adalah untuk mengurangi risiko terjadinya human error, karena data pasien dan riwayat penyakitnya lebih mudah untuk dicek dengan lebih terperinci. Tentunya hal ini dapat meningkatkan kualitas layanan dari rumah sakit juga, karena pasien tidak perlu mengantre untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari rumah sakit yang Anda kelola datanya.

  1. Dapat Mengecek Data yang Dibutuhkan secara Real Time

Fungsi teknologi informasi di RS lainnya yang jarang diketahui adalah kemampuannya dalam melakukan pengecekan data secara online. Fungsi teknologi informasi ini sangat penting, karena menyangkut pengambilan keputusan yang perlu diambil tenaga kesehatan. Dalam banyak kasus, pasien sering dihadapkan dengan kondisi bahwa waktu adalah segalanya. Oleh karena itu, fungsi teknologi informasi dalam pengecekan data real time dapat memangkas waktu yang sebelumnya terbuang karena pencarian data yang dilakukan manual.

  1. Kecepatan dalam Komunikasi Antar Petugas Kesehatan

Selain dapat mengecek data secara real time, fungsi teknologi informasi bagi rumah sakit adalah untuk meningkatkan kecepatan komunikasi dari para petugas kesehatan. Dengan adanya sistem yang terintegrasi, petugas tidak perlu lagi terburu-buru memberikan dokumen miliki pasien kepada petugas lainnya. Hal ini tentunya lebih efisien, karena petugas hanya perlu mengakses data pasien melalui komputer. Dengan begitu, diagnosis dokter dapat dilakukan dengan cepat.

  1. Memudahkan dalam Pengolahan Data

Di sisi lain, fungsi teknologi informasi di RS juga dapat memudahkan Anda dalam mengolah data yang dimiliki. Dengan bantuan teknologi dalam bentuk kehadiran sistem informasi rumah sakit, divisi IT rumah sakit Anda dapat menggunakan data tersebut untuk berbagai kebutuhan. Contohnya seperti pencatatan rekam medis, pembuatan laporan RL untuk Kementerian Kesehatan, hingga untuk evaluasi pelayanan yang diberikan kepada pasien. 

  1. Komputerisasi Pelayanan Konsultasi Dokter

Dengan adanya pandemi yang masih berlangsung, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/303/2020 yang diterbitkan pada 29 April 2020, peranan dokter dalam memberikan layanan konseling, termasuk dalam konsultasi yang berhubungan dengan pemberian resep obat harus dilakukan secara online. Oleh karena itu, fungsi teknologi informasi dalam hal ini adalah untuk menghadirkan sarana komputerisasi antara dokter dan bagian farmasi rumah sakit.

Sistem konsultasi yang dikenal dengan sebutan Telemedicine ini tidak hanya dapat memutus rantai penularan COVID-19, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas pelayanan dengan adanya proses standarisasi dan juga penyediaan bimbingan untuk merawat pasien. Tentunya fungsi teknologi informasi bagi di RS sangat besar, apalagi di tengah meningkatnya kasus tenaga kesehatan yang terjangkit virus.

Jadi, siap untuk memiliki teknologi informasi sendiri di rumah sakit yang Anda kelola datanya? Saatnya beralih menggunakan Aviat sekarang juga! Aviat merupakan solusi IT terintegrasi yang didesain khusus untuk rumah sakit. Layanan ini bertujuan untuk meningkatkan performa dan juga kualitas layanan yang Anda miliki.Dengan beberapa jenis layanan seperti pembuatan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS), Sistem Aset Manajemen Rumah Sakit (SAMRS), Medical Record System, hingga aplikasi mobile untuk antrean, tentunya fungsi teknologi informasi di RS dapat Anda rasakan dengan maksimal. Tertarik untuk mengetahui fungsi teknologi informasi dari Aviat? Hubungi di sini sekarang juga! (Pradana)

Tinggalkan Balasan