Apa Manfaat dari Clinical Pathway?
Apa Manfaat dari Clinical Pathway

Apa Manfaat dari Clinical Pathway?

  • Post Author:
  • Post Category:Blog
  • Post Comments:0 Comments

Di tengah pandemi yang mengharuskan rumah sakit untuk tetap memberikan pelayanan yang prima, manfaat clinical pathway perlu diketahui seluas-luasnya oleh setiap manajemen rumah sakit atau juga klinik. Pada artikel sebelumnya, Aviat juga telah membahas sekilas tentang pengertian dan juga prinsip yang digunakan dalam penerapan clinical pathway.

Untuk melengkapi informasi dan pengetahuan Anda mengenai konsep perencanaan yang dikenal dengan nama lain ‘jalur klinis’ ini, Anda perlu mengetahui tentang manfaat clinical pathway yang sebenarnya bagi industri pelayanan kesehatan. Berikut adalah manfaat clinical pathway yang masih jarang diketahui:

 

  • Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan

 

Manfaat clinical pathway yang paling utama adalah terciptanya peningkatan mutu pelayanan pasien dari rumah sakit atau juga klinik yang Anda kelola. Hal tersebut menjadi mungkin karena clinical pathway merupakan konsep perencanaan berdasarkan studi kedokteran berbasis bukti yang terjadi di lapangan. Bukti tersebut didapatkan dari kajian ilmiah berdasarkan setiap kejadian dan juga periode perawatan dari setiap pasien, sehingga hasilnya lebih terukur dan sesuai dengan kondisi yang terjadi pada rumah sakit yang dikelola.

 

  • Memenuhi Amanat Undang-Undang

 

Selain peningkatan mutu pelayanan, manfaat clinical pathway lainnya adalah untuk memenuhi amanat yang tercantum pada Pasal 44 Ayat (1) sampai (3) Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran. Isi pasal tersebut sebagai berikut:

  • Dokter atau dokter gigi dalam menyelenggarakan praktik kedokteran wajib mengikuti standar pelayanan kedokteran atau kedokteran gigi.
  • Standar pelayanan sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) dibedakan menurut jenis dan strata sarana pelayanan kesehatan.
  • Standar pelayanan untuk dokter atau dokter gigi sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) dan Ayat (2) diatur dengan Peraturan Menteri.

Oleh karena itu, manfaat clinical pathway tidak hanya bagi manajemen rumah sakit atau klinik semata, tetapi juga penyelenggaraan praktik kedokteran yang terstandarisasi. Dengan adanya clinical pathway, standar tersebut pun dapat dipenuhi dengan lebih maksimal.

 

  • Efisiensi dan Efektivitas Biaya

 

Manfaat clinical pathway lainnya yang akan Anda rasakan adalah pembiayaan yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan layanan kesehatan yang dapat diminimalisir. Hal tersebut menjadi mungkin dilakukan karena Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terkini telah menggunakan sistem DRG-Casemix dengan penggunaan kode penyakit berdasarkan ICD 10, ICD 9-CM serta prosedur tindakan dan biaya.

Dengan adanya clinical pathway, Anda dapat memanfaatkannya sebagai salah satu komponen untuk membantu proses audit medis, dengan tujuan akhir peningkatan mutu pelayanan. Contoh aplikasinya adalah praktik pemberian vitamin K pada bayi yang baru lahir, yang merupakan manfaat clinical pathway pada revisi Standar Pelayanan Medis (SPM) atau Standar Prosedur Operasional (SPO) versi 2.4.

 

  • Pendapatan Rumah Sakit yang Ikut Meningkat

 

Tidak dapat dipungkiri, tentunya manajemen rumah sakit atau klinik juga membutuhkan adanya peningkatan pendapatan. Oleh karena itu, manfaat clinical pathway yang tidak kalah penting adalah untuk membantu Anda dalam peningkatan tersebut. Dengan adanya implementasi clinical pathway pada rumah sakit atau klinik yang Anda kelola, nantinya pihak manajemen dapat meningkatkan indeks kualitas hidup, menurunkan durasi perawatan (length of stay dan early discharge), meningkatkan keluaran klinis (clinical outcome), dan juga mengurangi tindakan medis dan/atau non-medis yang tidak perlu.

Dengan adanya beberapa manfaat clinical pathway tersebut, Anda pun dapat melayani pasien dengan kuantitas yang lebih banyak. Hal ini tentunya dapat berdampak secara langsung kepada pos pendapatan rumah sakit atau klinik dari pelayanan pasien.

Itulah tadi beberapa manfaat clinical pathway yang masih jarang diketahui oleh banyak manajemen rumah sakit dan juga klinik. Untuk menerapkannya dengan lebih mudah, Anda juga dapat memanfaatkan solusi SIMRS dari Aviat, yang dapat membantu metode clinical pathway lebih maksimal.

Temukan informasi selengkapnya tentang aplikasi SIMRS Aviat dan solusi teknologi informasi lainnya untuk manajemen rumah sakit dengan menghubungi tim marketing Aviat sekarang juga. (Pradana)

Tinggalkan Balasan