Persiapkan Data Rumah Sakit Anda untuk Integrasi IHS SATUSEHAT!

Tenggat waktu penerapan IHS SATUSEHAT semakin dekat. Sudah siapkah rumah sakit untuk terintegrasi dan membangun sistem kesehatan yang lebih tangguh? Terutama sistem kesehatan dengan integrasi IHS SATUSEHAT. 

Indonesia Health Services (IHS) adalah sebuah platform yang dibuat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mewujudkan sistem kesehatan yang lebih baik. Melalui platform yang diberi nama SATUSEHAT ini, pemerintah ingin masyarakat bisa mengakses layanan kesehatan dengan lebih mudah.

Untuk mewujudkan visi tersebut, seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) di Indonesia harus berbenah agar bisa terintegrasi dengan IHS SATUSEHAT. Apalagi mengingat saat ini masih banyak rumah sakit dan klinik yang menggunakan sistem manual serta belum memiliki akses internet.

Rumah Sakit Harus Berbenah untuk Integrasi IHS SATUSEHAT

Meski pemerintah telah menargetkan seluruh fasyankes telah integrasi IHS SATUSEHAT pada akhir 2023, tetapi faktanya belum semua fasyankes siap untuk terhubung dengan platform data tersebut. Hal ini karena para pelaku industri kesehatan harus beradaptasi dengan sistem digitalisasi data.

Tidak dapat dipungkiri, perubahan sistem, baik dari segi manajemen rumah sakit hingga pencatatan rekam medis menjadi digital memerlukan kesiapan sarana dan SDM. Terlebih, selama ini baik dokter maupun petugas kesehatan sudah terbiasa dengan sistem konvensional.

Selain itu, bagi rumah sakit yang belum memiliki sistem digital, kewajiban untuk integrasi IHS SATUSEHAT menghadirkan tantangan yang sulit. Oleh karenanya, pemerintah harus terlebih dahulu memastikan semua fasyankes dan petugas yang ada di lapangan siap dengan peralihan sistem ini.

Mengintip Persiapan Rumah Sakit Menerapkan IHS SATUSEHAT

Bagi sebagian rumah sakit, apalagi yang berada di daerah terpencil menghadapi transformasi sistem kesehatan ini tentu bukanlah hal yang mudah. Sulitnya akses internet dan keterbatasan sumber daya manusia menjadi tantangan terbesar bagi mereka.

Misalnya saja di wilayah Sulawesi Selatan, Chief Operating Officer Digital Transformation Office Kemenkes RI, Daniel Oscar Baskoro mengatakan, bahwa akses internet masih menjadi kendala untuk integrasi IHS SATUSEHAT. Tim Kemenkes pun sudah melakukan pemetaan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Dari data survei terakhir yang dilakukan tahun 2022, ditemukan sebanyak 84 persen fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di Sulsel belum tersentuh akses internet. Sementara itu, 20 persen fasyankes belum memiliki perangkat yang memadai untuk mendukung proses digitalisasi pelayanan kesehatan.

Padahal perangkat dan internet merupakan dua hal paling krusial untuk melakukan integrasi data rekam medis ke dalam platform IHS SATUSEHAT. Oleh karena itu, Kemenkes Sulsel mengharapkan adanya koordinasi dari seluruh stakeholder untuk mengatasi masalah ini, demi mewujudkan sistem kesehatan yang kuat dan tangguh.

Fakta ketidaksiapan perangkat dan jaringan internet untuk melakukan integrasi IHS SATUSEHAT tentu tidak hanya dihadapi oleh fasyankes yang berada di Sulsel. Indonesia juga masih memiliki banyak wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) yang memerlukan perhatian khusus pemerintah jika ingin meratakan program transformasi kesehatan ini.

Saat ini, penerapan integrasi data rekam medis ke dalam platform IHS SATUSEHAT memang terlihat rumit. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Untuk memudahkan integrasi sistem rumah sakit dengan platform IHS SATUSEHAT, Aviat hadir sebagai solusi lengkap yang akan memudahkan proses transformasi sistem layanan rumah sakit Anda.

Aviat merupakan perusahaan yang telah belasan tahun bergerak di bidang manajemen informasi rumah sakit. Berbagai sistem yang dimiliki, mulai dari SIREM dan SIMRS hadir dengan design yang mudah dipahami dan dilengkapi dengan modul sehingga dapat memudahkan proses adaptasi petugas kesehatan.

Seluruh sistem yang dirancang Aviat pun sudah bisa langsung terkoneksi dengan berbagai aplikasi lain, termasuk IHS SATUSEHAT. Jadi Anda tidak perlu lagi memusingkan proses yang berbelit dan aktivitas pelayanan rumah sakit pun bisa berjalan dengan lebih baik.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang berbagai program Aviat? Segera hubungi tim marketing AVIAT untuk mendapatkan informasi selengkapnya! (Sherlya)

Similar Posts