Cari Sistem Penyimpanan Dokumen Digital Rekam Medis? AVIAT SIREM Solusinya!

Beralihnya sistem rekam medis menjadi elektronik, membuat Rumah Sakit (RS) harus siap dengan tantangan baru. Temukan kemudahan menyimpan rekam medis digital dengan SIREM atau yang dikenal dengan sistem rekam medis.

Melalui Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) nomor 24 tahun 2022 tentang Rekam Medis, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah mewajibkan fasyankes untuk beralih menggunakan rekam medis elektronik. Dalam prosesnya, Kemenkes memberikan tenggat waktu peralihan hingga 31 Desember 2023.

Perubahan ini dilakukan bukan tanpa alasan. Sebab, hal ini sejalan dengan perkembangan teknologi digital dan meningkatnya kebutuhan pelayanan kesehatan di tengah masyarakat.

Untuk itu, diperlukan adanya transformasi kesehatan demi menunjang hadirnya sistem pelayanan kesehatan yang lebih baik. Dalam hal ini pemerintah juga menghadirkan platform SATUSEHAT untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang saling terintegrasi.

Namun dalam praktiknya, digitalisasi sistem kesehatan tidaklah mudah. Banyak rumah sakit yang harus beradaptasi agar bisa menyesuaikan kemajuan sistem seperti yang dikehendaki pemerintah, termasuk dalam menerapkan sistem rekam medis elektronik.

Mengenal AVIAT SIREM

Untuk menjawab tantangan digitalisasi rekam medis, Aviat menghadirkan Sistem Rekam Medis Elektronik atau SIREM. Sistem ini siap menghadirkan solusi bagi rumah sakit dalam mempermudah dan mempercepat proses pencarian data pasien, bahkan hanya berdasarkan nama. 

Dengan kehadiran SIREM, rumah sakit dapat meminimalisir faktor human error dalam proses dokumentasi rekam medis. Melalui sistem ini proses pengecekan informasi rekam medis dapat dilakukan secara otomatis oleh dokter, sehingga dipastikan  informasi yang terdapat di dalamnya sudah tepat.

Kemampuan sistem ini akan membuat kredibilitas rumah sakit meningkat, karena tenaga kesehatan dapat melayani pasien lebih cepat tanpa perlu mengorbankan kualitas pelayanan. 

Solusi Menyeluruh yang Diberikan AVIAT SIREM

Tidak hanya mempercepat dan mempermudah proses pencarian data pasien, AVIAT SIREM juga hadir dengan berbagai solusi lain untuk rumah sakit. Jika dibandingkan dengan beberapa sistem rekam medis milik vendor lainnya, SIREM yang diusung AVIAT memiliki kelebihan, yaitu:

1. Berbasis web browser

Jika beberapa vendor mengusung sistem yang hanya dapat diakses melalui perangkat yang telah terinstal dengan software khusus, maka AVIAT berbeda. SIREM yang diusung AVIAT memungkinkan Anda untuk mengakses aplikasi di mana saja, tanpa perlu instalasi software khusus pada perangkat komputer.

2. Layanan maintenance online

Tidak hanya dari kemudahan akses, AVIAT SIREM juga akan terus memantau dan membantu Anda jika terjadi kesulitan selama proses penerapannya. Namun Anda tak perlu langsung bertatap muka dengan tim AVIAT, sebab berbagai permasalahan terkait penggunaan aplikasi dapat diselesaikan dengan cepat, melalui sistem online.

3. Terintegrasi dengan sistem lainnya

Seperti yang telah diketahui, AVIAT tidak hanya memiliki sistem SIREM, melainkan juga ada SIMRS, SIMKlinik, dan sebagainya. Berbagai sistem ini, mampu saling terhubung, sehingga dapat membantu manajemen rumah sakit untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan pasien.

Jawab Kebutuhan Digitalisasi Rekam Medis dengan SIREM

Inilah berbagai kelebihan dari aplikasi SIREM yang diusung oleh AVIAT. Sistem yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit dalam menghadapi perubahan rekam medis ini, benar-benar dikembangkan dengan teknologi yang lebih efisien dan siap digunakan.

Terlebih jika dalam penerapannya sistem ini diintegrasikan dengan AVIAT SIMRS. Penggabungan sistem ini akan membantu Anda mewujudkan konsep smart hospital, karena seluruh departemen rumah sakit dapat saling terhubung sehingga proses pelayanan pasien lebih mudah.

Jadi, kini Anda tidak perlu ragu lagi dengan solusi yang dimiliki oleh AVIAT SIREM dalam membantu Anda menghadirkan sistem rekam medis yang kredibel. Bersama AVIAT, penuhi kebutuhan sistem informasi rumah sakit Anda dan wujudkan pelayanan terbaik untuk masyarakat Indonesia.

Tertarik untuk menerapkan AVIAT SIREM? Hubungi tim marketing AVIAT untuk mendapatkan penawaran terbaik dan informasi selengkapnya! (Sherlya)

Similar Posts