Kenali Permasalahan Pengelolaan Aset Rumah Sakit

Kenali Permasalahan Pengelolaan Aset Rumah Sakit

Aset RS yang bermasalah dapat mempengaruhi kualitas layanan dari rumah sakit yang Anda kelola, sehingga harus segera ditangani sebelum permasalahannya semakin meluas. Meskipun begitu, tidak semua manajemen rumah sakit mengetahui permasalahan yang dihadapi, terutama permasalahan pengelolaan aset RS yang belum menjadi prioritas dari manajemen.

Padahal pengelolaan aset yang tepat dapat membantu RS dalama mengelola keuangan, yang dapat berdampak pada peningkatan pelayanan yang dihadirkan. Selain itu, pengelolaan aset RS yang tepat dapat memudahkan kontrol manajemen dalam pengambilan keputusan.

Untuk itu, penting rasanya bagi Anda untuk mengenal berbagai permasalahan pengelolaan aset RS yang sering dihadapi. Apa saja permasalah tersebut? Berikut adalah penjelasan selengkapnya!

Permasalahan Pengelolaan Aset RS yang Perlu Anda Ketahui

Saat ini, ada beberapa permasalahan terkait pengelolaan aset yang sering Aviat temukan pada beberapa rumah sakit. Adapun masalah tersebut antara lain:

 

  • Kurangnya Update Terhadap Daftar Inventaris

 

Permasalahan pengelolaan aset RS yang pertama terkait dengan adanya daftar inventaris aset RS yang tidak up-to-date, sehingga mengakibatkan kesulitan yang dihadapi oleh bagian sistem informasi rumah sakit untuk mendokumentasikan setiap aset. Dampaknya juga cukup besar, yaitu dapat menyulitkan proses monitoring atau pemantauan terhadap setiap aset yang dimiliki, karena data yang dibutuhkan tidak lengkap.

 

  • Data Aset RS yang Tidak Terintegrasi

 

Selain daftar inventaris yang tidak up-to-date, data aset RS yang tidak terintegrasi antar departemen atau divisi di dalam rumah sakit juga menimbulkan permasalahan yang serius, terutama terkait dengan track record dari penggunaan aset. Jika setiap aset RS tidak memiliki data yang lengkap terkait histori penggunaannya, maka hal ini dapat berpengaruh terhadap kinerja dari aset tersebut.

Contohnya, ventilator yang dibutuhkan untuk membantu proses pernapasan pada pasien yang sangat krusial pada masa pandemi seperti saat ini. Jika aset RS tersebut tidak terintegrasi dengan baik, bukannya tidak mungkin jika sewaktu-waktu muncul permasalahan pada saat penggunaan. Tentunya, hal tersebut dapat menghambat kinerja tenaga medis di masa yang genting.

 

  • Data Aset RS Tidak Tercatat dengan Baik dan Lengkap

 

Permasalahan pengelolaan RS juga seringkali disebabkan oleh adanya data aset yang tidak tercatat dengan baik. Padahal, masalah tersebut dapat menimbulkan berbagai kendala pada penggunaan aset RS. Salah satunya adalah hasil kalibrasi dan juga pemeliharaan yang tidak terdokumentasi dengan lengkap.

Perlu Anda ketahui, jika aset yang digunakan tidak melalui kalibrasi kembali, ada beberapa risiko yang dapat ditimbulkan. Mulai dari keselamatan pasien yang terancam, hilangnya kepercayaan pasien terhadap rumah sakit yang Anda kelola, hingga biaya tambahan karena aset tersebut tidak dapat lagi digunakan. Oleh karena itu, walaupun masalah ini terlihat sederhana, tapi dampaknya cukup serius bagi masa depan institusi pelayanan kesehatan.

 

  • Adanya Perbedaan Data Aset RS pada Setiap Departemen

 

Perbedaan data aset RS juga kerap terjadi di lapangan. Hal ini dapat menimbulkan kerugian bagi rumah sakit, karena perbedaan data mulai dari nama hingga jumlah alat menyebabkan nilai aset dan dan penyusutan alat tidak terdata dengan baik. Selain itu, perbedaan informasi ini juga dapat menyebabkan laporan keluhan (komplain) dari setiap departemen tidak tercatat, yang dapat menimbulkan penurunan kinerja tenaga medis dan non-medis.

Dampak Lain yang Ditimbulkan oleh Aset RS yang Tidak Terkelola dengan Baik

Selain berbagai masalah yang ditimbulkan, permasalahan pengelolaan aset RS di atas juga dapat menimbulkan beberapa dampak lain yang tidak kalah esensial, seperti:

  • Kesulitan dalam perencanaan anggaran untuk pembelian, kalibrasi, hingga perbaikan alat medis.
  • Sulitnya melakukan kajian penghapusan atau decommissioning terhadap alat dan juga nilai penyusutan dari setiap aset RS.
  • Kewalahan dalam menyajikan data yang dibutuhkan untuk akreditasi rumah sakit, mengingat aset RS merupakan salah satu indikator yang dinilai oleh asesor.

Solusi untuk Mengatasi Permasalahan Pengelolaan Aset RS

Jika Anda sering mengalami permasalahan di atas, maka Anda mempertimbangkan untuk beralih menggunakan solusi Sistem Aset Manajemen Rumah Sakit (SAMRS) dari Aviat. Solusi ini didesain khusus untuk manajemen aset RS, agar dapat digunakan dengan lebih efisien dan juga efektif. Apalagi SAMRS juga sudah banyak digunakan oleh berbagai rumah sakit, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi untuk menggunakannya.

Tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai solusi ini? Hubungi tim marketing Aviat sekarang juga dan temukan solusi terbaik untuk permasalahan pengelolaan aset RS Anda! (Pradana)

Similar Posts