Mengenal Fitur Kredensial AVIAT
Demi mendukung terciptanya ekosistem pelayanan kesehatan yang baik, AVIAT hadir dengan fitur kredensial SIMRS. Fitur ini akan membantu rumah sakit menjaga mutu tenaga kesehatan.
Untuk menghadirkan pelayanan kesehatan terbaik, diperlukan dukungan dari berbagai aspek, salah satunya adalah tenaga kesehatan. Sebagai tonggak utama dalam proses penyediaan layanan kesehatan, rumah sakit harus menghadirkan petugas-petugas kesehatan terbaiknya.
Demi membantu manajemen rumah sakit dalam mempertahankan dan meningkatkan profesionalitas tenaga kesehatannya, AVIAT kini hadir dengan fitur kredensial SIMRS. Fitur baru ini dirancang untuk memudahkan manajemen dalam memberikan penilaian dan menentukan standar kompetensi yang harus dimiliki karyawan.
Apa itu Fitur Kredensial SIMRS?
Kredensial adalah proses evaluasi yang dilakukan terhadap tenaga kesehatan untuk menentukan kelayakan pemberian kewenangan klinis. Di mana dalam proses ini, komite rumah sakit bisa mengatur apa saja yang menjadi subjek penilaian untuk menjaga mutu profesi tenaga kesehatan.
Dengan fitur ini, manajemen rumah sakit dapat menjaga tingkat kedisiplinan, etika, dan perilaku petugas kesehatan. Maka, kehadiran fitur kredensial SIMRS dapat mewujudkan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar pelayanan terbaik, sebab hanya tenaga kesehatan berkompeten yang memiliki kewenangan untuk memberikan pelayanan.
Selain itu, melalui fitur kredensial SIMRS, manajemen rumah sakit juga dapat melakukan evaluasi secara berkala mengenai kinerja tenaga kesehatan. Evaluasi ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk meningkatkan dan memperbaiki pelayanan dan sistem yang sudah ada sebelumnya.
Manfaat Kehadiran Fitur Kredensial SIMRS
Sebagai salah satu fitur baru yang dihadirkan AVIAT, fitur kredensial SIMRS dapat membantu manajemen rumah sakit dalam hal ini SDM untuk menentukan dan menilai kinerja petugas kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dihadirkan oleh sistem baru AVIAT ini:
- Memberikan wewenang pada tenaga kesehatan
Melalui fitur kredensial SIMRS, manajemen rumah sakit dapat menyusun dan merincikan daftar kewenangan klinis yang dimiliki oleh tenaga kesehatan. Hal ini tentu akan membantu karyawan untuk menjalankan tugasnya sesuai dengan wewenang yang diberikan.
Dengan demikian, rumah sakit juga dapat melihat apabila petugas kesehatan melakukan sesuatu hal yang tidak sesuai dengan peraturan yang ada. Fitur ini akan mempermudah proses pemberian penilaian terhadap petugas kesehatan.
- Menjamin keselamatan pasien
Sebelum petugas kesehatan diizinkan untuk menangani pasien, manajemen rumah sakit dapat memastikan kompetensi petugas melalui fitur kredensial SIMRS. Jadi hanya petugas-petugas yang telah memenuhi standar kelayakan saja yang bisa masuk untuk memberikan pelayanan.
Dengan hal ini, keselamatan pasien tentu akan lebih terjamin karena seluruh karyawan yang bekerja di rumah sakit telah memenuhi standar prosedur pelayanan kesehatan. Rumah sakit pun dapat memberikan tindakan tegas jika petugas menyalahi aturan.
- Menjaga kompetensi tenaga kesehatan
Kehadiran fitur kredensial SIMRS juga dapat membantu Anda untuk melakukan proses verifikasi tenaga kesehatan. Hal ini dapat membantu rumah sakit dalam menjaga kompetensi karyawannya, sebab semua telah memenuhi standar kompetensi yang ada.
Setidaknya ada beberapa hal yang dicek dalam proses verifikasi. Hal tersebut meliputi, ijazah, Surat Tanda Registrasi (STR), sertifikat kompetensi, capaian kinerja, surat pernyataan telah menyelesaikan program orientasi, dan surat hasil pemeriksaan kesehatan. Berbagai penilaian tersebut dapat disesuaikan dengan ketentuan rumah sakit.
- Menjadi bahan evaluasi kinerja karyawan
Manfaat fitur kredensial SIMRS yang terakhir adalah bisa menjadi bahan evaluasi berkala bagi SDM untuk menilai kinerja petugas kesehatan. Berdasarkan penugasan yang diberikan, manajemen bisa melihat apakah karyawan sudah bekerja cukup baik atau masih ada hal yang perlu ditingkatkan.
Hasil evaluasi ini juga dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menetapkan jenjang karir petugas kesehatan dan memberikan penghargaan atas kinerja baik yang telah diberikan. Jadi fitur ini, akan sangat memudahkan manajemen dalam melakukan sistem penilaian.
Itulah beberapa manfaat yang dihadirkan oleh fitur kredensial SIMRS. Fitur baru ini kami hadirkan sebagai pelengkap dari berbagai fitur sebelumnya yang telah ada dalam Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) milik AVIAT. Dengan kehadiran fitur ini, kami berharap dapat memenuhi kebutuhan rumah sakit untuk meningkatkan kinerja petugas kesehatan.
Tertarik untuk mengetahui fitur kredensial SIMRS lebih lanjut? Segera hubungi tim marketing AVIAT untuk mendapatkan informasi selengkapnya! (Sherlya)