Hindari Human Error di Rumah Sakit dengan AVIAT KIOSKA

Human error sering menjadi masalah yang tidak bisa dihindari dalam sistem antrean rumah sakit. Bahkan kesalahan yang terjadi dapat mengganggu efektivitas kerja hingga membahayakan keselamatan pasien. Cegah terjadinya human error dengan AVIAT KIOSKA.

Pendaftaran pasien menjadi bagian yang sangat penting dalam proses Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Hal ini karena proses tersebut merupakan kontak pertama yang dilakukan antara petugas kesehatan dengan pasien atau keluarga pasien, sehingga pendaftaran pasien dapat menjadi acuan awal terkait buruknya pelayanan rumah sakit.

Saat ini, mungkin masih banyak dijumpai fasilitas kesehatan (faskes) yang memberlakukan sistem pendaftaran manual, pasien mengambil nomor antrean lalu menunggu hingga nomor tersebut dipanggil. Setelah nomor dipanggil, pasien pun harus kembali menunggu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Proses yang panjang dan waktu yang dibutuhkan tentu akan membuat pasien lelah menunggu.

6 Kesalahan yang Mungkin Terjadi Akibat Human Error

Dalam mekanisme pendaftaran manual, kesalahan dan kendala yang terjadi akibat human error sering kali tidak bisa dihindari. Berikut ini beberapa kesalahan pada sistem antrean rumah sakit akibat human error, antara lain:

  1. Kesalahan pengaturan jadwal

Jadwal dokter harus diatur dengan jelas sehingga pasien dapat memantaunya dengan mudah. Umumnya, jadwal tersebut akan diatur oleh manajemen rumah sakit agar tidak menimbulkan tumpukan antrean. Namun, kesalahan pengaturan jadwal juga bisa terjadi karena human error akibatnya pasien harus menunggu lebih lama untuk mendapatkan pemeriksaan dokter.

  1. Kesalahan identifikasi pasien

Kesalahan yang terjadi pada proses identifikasi pasien dapat menjadi hal yang fatal karena berpengaruh pada keselamatan pasien. Oleh karena itu, rumah sakit harus memperbaiki kebijakan dan prosedur identifikasi pasien yang di mulai dari meja pendaftaran, laboratorium, farmasi, dan bagian pemeriksaan klinis untuk mencegah terjadinya kesalahan tersebut.

  1. Kesalahan administrasi

Human error juga dapat menyebabkan kesalahan administrasi, bahkan tidak sedikit kasus yang mengakibatkan ancaman keselamatan pasien. Berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah telah menetapkan sanksi administratif sesuai dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, bagi rumah sakit yang melakukan pelanggaran. Sanksi tersebut dapat berupa  peringatan secara tertulis hingga pencabutan izin sementara dan/atau izin tetap. 

  1. Kesalahan komunikasi

Komunikasi yang baik adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh petugas kesehatan yang berada di bagian pendaftaran pasien, karena setiap hari banyak pasien yang harus dilayani. Namun, tidak dapat dipungkiri kesalahan petugas kesehatan dalam memberikan informasi juga dapat terjadi, akibatnya pasien tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit.

  1. Ketidakpatuhan protokol

Ketidakpatuhan pada protokol rumah sakit juga merupakan kesalahan fatal yang dapat disebabkan oleh human error. Kesalahan ini dapat berupa tidak mengecek identitas pasien dengan benar, salah input data, atau petugas tidak terlalu memahami sistem pendaftaran yang digunakan. Akibatnya, antrean pasien menjadi tidak teratur, pasien menunggu terlalu lama, dan kinerja rumah sakit pun dianggap buruk.

  1. Overbooking

Kesalahan petugas kesehatan di meja pendaftaran juga dapat menyebabkan overbooking. Ini merupakan kondisi di mana terlalu banyak pasien yang dijadwalkan datang untuk kunjungan ke dokter di satu waktu yang sama. Akhirnya, beberapa pasien justru harus menunda pemeriksaan dan datang kembali pada hari berikutnya.

AVIAT KIOSKA Solusi Atasi Masalah di Sistem Pendaftaran

Berbagai permasalahan yang berbelit, mungkin membuat rumah sakit kesulitan untuk mengatasi masalah yang terjadi di sistem pendaftaran. Untuk itu, AVIAT sebagai sebuah Sistem Manajemen Rumah Sakit menghadirkan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan hadirnya AVIAT KIOSKA.

AVIAT KIOSKA adalah salah satu layanan AVIAT yang dapat membantu Anda menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang timbul di sistem antrean rumah sakit. Layanan ini memiliki beberapa keunggulan di antaranya, sistem dapat disesuaikan dengan budget dan kebutuhan, pemasangan instansi dapat dilakukan sendiri, serta harga bersaing. Terpenting, meski merupakan produk lokal, AVIAT KIOSKA sangat berkualitas dan bergaransi.

Layanan AVIAT KIOSKA juga saling terhubung dengan berbagai produk lain yang terdapat dalam SIMRS AVIAT, seperti rekam medis elektronik, farmasi klinis, laboratorium, hingga kasir. Dengan demikian, menerapkan produk tersebut sama halnya dengan membangun ekosistem yang memadai dan dapat meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit.

Selain itu, AVIAT juga menyediakan modul demo yang dapat membantu petugas kesehatan untuk beradaptasi dan belajar mengoperasikan produk AVIAT KIOSKA. Ketersediaan modul ini dapat dimanfaatkan oleh rumah sakit untuk melatih petugas dan meminimalisir kesalahan penggunaan produk. Apakah Anda tertarik untuk meningkatkan sistem di pendaftaran rumah sakit yang Anda kelola dengan AVIAT KIOSKA? Hubungi tim marketing AVIAT untuk mendapatkan penawaran terbaik dan informasi selengkapnya! (Sherlya)

Similar Posts