Simpan Data Medical Check-Up secara Digital, Mudahkan Pelaporan
Di era modern seperti saat ini, kemampuan penyimpanan data medical check-up digital menjadi elemen penting atas keberhasilan utilisasi sistem rekam medis yang dimiliki rumah sakit. Apalagi bagi rumah sakit yang melayani banyak pasien setiap hari, tentunya kehadiran data terkait riwayat kesehatan pasien yang disajikan dalam format digital dapat membantu peningkatan efisiensi dan pelaporan dari rumah sakit atau klinik yang Anda kelola.
Bagaimana sebenarnya proses penyimpanan data medical check-up digital dapat mempengaruhi pelaporan rumah sakit? Untuk lebih memahami hal tersebut, berikut adalah penjelasan selengkapnya!
Pentingnya Mengelola Data Medical Check-Up Digital
Sebelum mengetahui proses di balik pembuatan data medical check-up digital, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai alasan pentingnya keberadaan data digital dalam sistem rekam medis rumah sakit atau klinik. Beberapa alasan tersebut meliputi:
- Pencarian informasi yang lebih efisien
Akses data medical check-up digital dengan bantuan sistem informasi dapat mempermudah tenaga kesehatan dalam menemukan informasi yang dibutuhkan untuk kesembuhan pasien. Pencarian yang lebih mudah berdasarkan kata kunci (keyword) tertentu dapat meningkatkan efisiensi pencarian, mengingat limitasi waktu adalah komponen penting yang perlu diperhatikan tenaga kesehatan dalam memberikan tindakan medis yang sesuai.
- Dapat diintegrasikan dengan sistem e-rekam medis
Berbeda dengan data manual, keberadaan data medical check-up digital juga dapat diintegrasikan dengan mudah dengan bantuan sistem e-rekam medis. Dengan begitu, distribusi informasi antar departemen dapat dilakukan dengan cepat dan otomatis, sehingga setiap departemen rumah sakit mampu beroperasi secara optimal.
- Dapat membantu penanganan penyakit kronis
Perlu Anda ketahui, setiap pasien memiliki riwayat medis yang berbeda-beda. Meskipun penyakit yang dihadapi serupa, tetapi tidak semuanya dapat diberikan treatment atau tindakan yang sama. Apalagi mengingat beberapa pasien terkadang memiliki alergi terhadap jenis obat tertentunya. Tentunya, keberadaan data medical check-up digital dapat membantu penanganan penyakit, khususnya penyakit kronis yang membutuhkan penanganan khusus dan cepat.
Mengenal Proses Penyimpanan Data Medical Check-Up Digital
Setelah mengenal beberapa alasan mengenai pentingnya keberadaan data medical check-up digital, selanjutnya Anda pun perlu mengetahui tentang proses di balik penyimpanan data tersebut. Untuk menyimpan data digital terkait riwayat kesehatan pasien, maka dibutuhkan sebuah sistem informasi yang disebut sebagai sistem rekam medis.
Nantinya, sistem rekam medis ini akan menyimpan data medical check-up digital berdasarkan 2 kategori utama, yaitu:
- Patient record, yaitu dokumen yang berisikan informasi mengenai riwayat kesehatan seorang pasien, mulai dari data diri, keluhan pasien, tindakan medis yang direkomendasikan, hingga dampak dari tindakan medis yang dilakukan.
- Manajemen, merupakan jenis data medical check-up digital dalam bentuk kompilasi kejadian atau keluhan penyakit serupa ada sebuah periode, yang biasanya dibutuhkan untuk penelitian.
Setelah data riwayat penyakit pasien diklasifikasi berdasarkan jenisnya, kemudian data tersebut akan tersimpan pada server dan dapat diakses kembali dengan menggunakan aplikasi khusus. Untuk mengaksesnya, user dapat memasukkan kata kunci kunci (keyword) tertentu. Contohnya, nama pasien, penyakit yang diderita, dan masih banyak lagi.
Tidak hanya itu, keberadaan data digital juga dapat membantu manajemen rumah sakit dalam banyak hal, antara lain:
- Mencetak hasil pemeriksaan pasien, baik pemeriksaan fisik maupun penunjang yang telah dilakukan oleh dokter pada periode tertentu.
- Asesmen terhadap kinerja dokter, sehingga manajemen rumah sakit dapat memastikan kualitas pelayanan yang diberikan.
- Informasi riwayat pekerjaan dan paparan pasien, yang dapat digunakan untuk penelitian lebih lanjut agar penyakit yang diderita pasien tidak membahayakan masyarakat.
- Pembuatan sertifikat medical check-up, yaitu dokumen yang dikeluarkan setelah serangkaian tes dilakukan kepada pasien untuk memastikan kesehatannya.
Solusi Pengelolaan Data Medical CHeck-Up Digital dari Aviat
Saat ini, Aviat juga telah mengembangkan solusi serupa yang dikenal dengan sebutan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS), yang dapat Anda jadikan solusi untuk pengelolaan data medical check-up digital dengan mudah. Aplikasi ini dilengkapi dengan modul khusus yang disebut ‘Medical Check-Up.
Di dalam modul tersebut, Anda akan menemukan fitur medical record reporting yang didesain secara khusus untuk membantu Anda dalam menyusun laporan riwayat penyakit pasien berdasarkan periode tertentu. Selain itu, Aviat SIMRS juga dapat diintegrasikan dengan Sistem Rekam Medis (SIREM), sehingga pembuatan laporan menjadi lebih cepat dan juga mudah.
Jadi, siap untuk beralih menggunakan aplikasi Aviat SIMRS untuk menyimpan data medical check-up digital dengan lebih efisien? Hubungi tim marketing Aviat sekarang juga untuk informasi selengkapnya!