3 Manfaat Penggunaan Telemedis untuk Pasien, Membuatnya Semakin Diminati!

Penggunaan telemedis dalam dunia kesehatan sangat penting, terutama dalam situasi ketika ketersediaan dokter di suatu wilayah lebih sedikit daripada jumlah pasien seperti di pedesaan atau daerah pelosok. Permasalahan tersebut sering ditemui di negara-negara berkembang, salah satunya Indonesia. Jumlah dokter spesialis di wilayah luar Jawa terutama kota kecil cenderung minim, bahkan provinsi Sulawesi Tengah hanya memiliki 1 orang dokter spesialis gigi. Di sinilah manfaat penggunaan telemedis sangat diperlukan.

Kehadiran telemedis mampu menjadi solusi bagi permasalahan tidak meratanya jumlah dokter di Indonesia. Melalui telemedis, dokter dapat melakukan pemeriksaan, diagnosis, dan perawatan bagi pasien yang membutuhkan melalui sarana komunikasi jarak yang jauh. Penggunaannya kini semakin diminati karena terutama dikarenakan manfaat penggunaan telemedis untuk pasien yang dipaparkan selengkapnya di bawah ini.

Tindak Perawatan yang Lebih Cepat

Manfaat penggunaan telemedis yang pertama adalah memungkinkan tindak perawatan yang lebih cepat bagi pasien. Dalam dunia kesehatan, waktu merupakan satu hal yang sangat penting. Semakin cepat tenaga medis melakukan diagnosis penyakit pasien, semakin cepat pula mereka dapat memberikan tindak penanganan yang tepat. Dengan demikian, potensi untuk menghindari terjadinya gejala penyakit yang lebih kritis lebih besar.

Sayangnya, beberapa penyakit yang mengancam jiwa justru membutuhkan penanganan langsung dari dokter spesialis serta dukungan peralatan medis yang lengkap, hal ini jarang sekali ditemukan di wilayah pedesaan. Oleh sebab itu, jika fasilitas kesehatan di pedesaan tidak mumpuni, pasien akan dirujuk terlebih dulu ke rumah sakit utama di kota besar.

Proses rujukan ini mengharuskan pasien merencanakan waktu untuk berobat ke rumah sakit yang ada di kota besar. Setidaknya, akan muncul jarak dalam hitungan jam, hari, minggu, atau bulan untuk pasien akhirnya dapat memperoleh perawatan yang semestinya sejak diagnosis awal dikeluarkan. Padahal terlambatnya proses penanganan pasien dapat menyebabkan kondisi pasien bertambah buruk.

Manfaat penggunaan telemedis yang pertama adalah menghilangkan atau mengurangi secara signifikan interval waktu tersebut. Pasien di daerah yang jauh dari fasilitas kesehatan dapat berkonsultasi langsung dengan dokter di kota besar melalui platform online. Semakin cepat tindakan yang dapat diambil, semakin besar kemungkinan pasien untuk tertolong. Lebih jauh lagi, hal tersebut juga dapat meningkatkan banyaknya nyawa yang dapat diselamatkan. 

Memperpendek Jarak 

Manfaat penggunaan telemedis berikutnya adalah menghubungkan rumah sakit di daerah dengan rumah sakit pusat di kota besar. Saat ini, fasilitas kesehatan yang terletak di kota kecil maupun pedesaan lebih banyak berperan sebagai skrining awal atas penyakit yang diderita pasien. Apabila penyakit pasien membutuhkan penanganan yang lebih intensif, pasien akan dirujuk ke rumah sakit utama yang berada di perkotaan. Hal ini mengharuskan pasien untuk berpindah dan menempuh perjalanan ke kota besar yang memakan waktu dan biaya.

Manfaat penggunaan telemedis memungkinkan dokter di rumah sakit pusat untuk membantu memberikan diagnosis, konsultasi, serta tindak penanganan bagi pasien-pasien yang ada di rumah sakit daerah maupun fasilitas kesehatan yang skalanya lebih kecil. Manfaat penggunaan telemedis dapat menghilangkan batasan jarak yang jauh sehingga pasien dapat mendapatkan penanganan yang layak tanpa harus berpindah kota. 

Media Teleconsulting

Menemukan dokter spesialis di daerah pedesaan akan sangat sulit. Berbeda apabila Anda hidup di Kota besar seperti Jakarta, Medan, Semarang, maupun Surabaya. Hal tersebut  sering menimbulkan permasalahan bagi dokter-dokter non spesialis di daerah yang harus menangani penyakit khusus yang membutuhkan analisis lebih mendalam. Di sinilah manfaat penggunaan telemedis dalam menutup kesenjangan kemampuan dokter spesialis di kota dengan dokter non spesialis di pedesaan.

Selain menjembatani komunikasi antara dokter dan pasien, telemedis juga menjadi media komunikasi dan konsultasi antar tenaga medis. Dengan manfaat penggunaan telemedis tersebut, dokter di daerah dapat mengembangkan kemampuannya dalam menangani pasien, sehingga kualitas layanannya pun akan turut meningkat. Hal tersebut akan sangat berarti, khususnya pada kondisi darurat saat pasien sulit atau tidak memungkinkan untuk berobat di rumah sakit kota besar secara langsung. 

Berbagai manfaat penggunaan telemedis tersebut bukan sekadar teori, karena teknologi telemedis seperti AVIAT telah tersedia di Indonesia. Rumah sakit yang menerapkannya dapat menyediakan layanan jarak jauh atau konsultasi secara online. Mulai dari proses pendaftaran, pemeriksaan, hingga pembayaran biaya konsultasi, semuanya dapat dilakukan secara online. Rumah sakit dapat menjangkau lebih banyak pasien dan mewujudkan pemerataan layanan kesehatan bagi masyarakat di berbagai daerah. Silakan menghubungi tim marketing AVIAT dan konsultasikan lebih lanjut tentang rencana pengembangan rumah sakit Anda! (Pradana)

Similar Posts